Hari Keempat, 200 Calhaj Madina Lunasi BPIH

Panyabungan, StArtNews- Hari keempat, Kamis (19/4) pelunasan BPIH tahun 2018, sudah 200 dari 470 orang Calon Haji (Calhaj) Kab. Mandailing Natal yang sudah menyampaikan berkas administrasi pelunasan BPIH 2018 nya ke Kantor Kementerian Agama Kab. Mandailing Natal.

Hal ini disampaikan Kepala Kantor Kementerian Agama Kab. Mandailing Natal Drs. H. Muksin Batubara, M.Pd yang didampingi Kasi Penyelenggara Haji dan Umroh H. Ikhwan siddiqi, S.Ag, Kamis (19/4) di Panyabungan.

“Pelunasan BPIH tahap pertama dimulai tanggal 16 April sampai dengan 4 Mei 2018. Untuk Embarkasi Medan besaran BPIH nya sebesar Rp.31.840.375,- (tiga puluh satu juta delapan ratus empat puluh ribu tiga ratus tujuh puluh lima rupiah),” ujarnya.

Pelunasan tahap pertama diperuntukkan bagi jamaah yang telah melakukan pelunasan BPIH tahun 1438H/2017M atau tahun sebelumnya, yang menunda keberangkatan. “Pelunasan tahap pertama juga bagi jamaah yang masuk dalam kuota haji tahun 1439H/2018M yang belum pernah berhaji dan telah berusia 18 tahun atau sudah menikah,” kata Muksin Batubara.

Sementara itu Kasi PHU H. Ikhwan Siddiqi, S.Ag, MA, menyampaikan, prosedur pelunasan BPIH tahun 2018 ini dilakukan dengan tahapan 1 para Calon Haji yang berhak melunasi BPIH 2018 ini melakukan pemeriksaan kesehatan. Tahap kedua untuk mendapatkan surat rekomendasi atau istitho’ah untuk berhaji dari aspek kesehatan, setelah itu melakukan pelunasan pada BPS BPIH, dengan catatan hasil dari pemeriksaan kesehatan calon jemaah haji

“Jamaah Haji yang telah melakukan pelunasan BPIH 2018, dengan menambah biaya sebesar RP.6.840.375,- dari setoran awal yang Rp.25.000.000,- untuk mendapatkan bukti setoran lunas BPIH yang dicetak dari aplikasi Siskohat,” jelasnya.

Setelah itu, para Calon Jamaah Haji yang telah melakukan pelunasan, harus melaporkan diri dengan membawa bukti setoran pelunasan BPIH 2018 ke Kantor Kementerian Agama Kab. Mandailing Natal untuk diverifikasi berkas adminsitrasi keberangkatannya.

Ikhwan Siddiqi juga berharap kepada para Calon Jemaah Haji Kab. Mandailing Natal yang sudah berhak melunasi BPIH tahun ini untuk segera melaksanakan pelunasan. Kalau terjadi keterlambatan akan bisa berpengaruh pada keberangkatan mereka, dengan tertundanya keberangkatan untuk menunaikan ibadah haji tahun ini.

Untuk mengantisipasi ini, Kepala Kantor Kementerian Agama Kab. Mandailing Natal telah menyampaikan jadwal pelunasan ini melalui surat kepada Kepala KUA, Pimpinan BPS BPIH untuk menyampaikan kepada para calon haji di masing-masing wilayah dan nasabahnya untuk segera melakukan pelunasan, ujar Ikhwan Siddiqi.

Reporter : Lokot Husda

Editor : Hanapi Lubis

Komentar Anda

komentar

Scroll To Top
Request Lagu
Loading...