Harimau Resahkan Warga Tambangan

Tambangan, StArtNews- Pasca  dua minggu warga Gunung Tua Muara Soro Kotanopan diresahkan dugaan adanya jejak harimau, kini warga desa Padang Sanggar dan sekitarnya Kec. Tambangan Kab. Mandaiiling Natal diresahkan dugaan adanya harimau di kebun milik warga di daerah tersebut.

Menurut sumber di lapangan yang salah satunya dari Plt. Kepala Desa Padang Sanggar Bahren Daulay, Rabu (14/3) mengatakan,  informasi munculnya harimau ini didapat pada hari Senin lalu. Saat itu,  warga menginformasikan bahwa Abdul Aziz alias Kamerun (65) warga Muara Mais melihat harimau di kebun miliknya di daerah Tor Baringin pada Senin pagi.

“Untuk memastikan cerita itu,  kita langsung tanyakan kepada Abdul Aziz. Kemudian, Abdul Aziz alias Kamerun menceritakan, Senin pagi (11/3) sekitar  pukul 07.00 WIB saat ia menderes di kebunnya,  tiba-tiba jarak 5 meter di depannya melompat harimau dari arah semak-semak. Melihat itu, ia terdiam dan langsung pulang ke rumahnya” ujar Bahren Daulay.

Dikatakannya, begitu dapat informasi pihaknya langsung menghubungi Polsek Danramil 14 Kotanopan dan pihak Taman Nasional Batang Gadis (TNBG) Kab. Mandailing Natal. Selasa Siang, bersama pihak TNBG  beserta Polsek dan Ramil 14 Kotanopan kita turun ke lokasi yang jaraknya dari kampng sekitar 45 menit berjalan kaki.

Di lokasi, ditemukan jejak namun belum bisa dipastikan apakah jejak harimau, sebab tanah tempat pijakan jejak itu kering dan tidak begitu jelas. Setelah pihak TNBG melakukan olah lokasi dan meminta keterangan warga yang melihat, selanjutnya pihak TNBG memberikan sosialisai kepada masyarakat tentang ciri dan tanda jejak harimau begitu juga dengan suaranya.

Ditambahkan Bahren, menurut keterangan warga, seminggu sebelum itu juga ada beberapa warga yang melihat bekas jejak yang di duga harimau. Begitu juga warga yang sedang menjaga kebun, sering mendengar suara suara aneh, namun mereka tidak mengetahui apakah suara itu harimau atau tidak.

Bustami salah seorang tokoh masyarakat  Padang Sanggar mengharapkan, dengan kemunculan harimau ini kiranya pihak yang berkompoten, baik TNBG dan BKSDA dan instansi lainnya dapat memberikan perlindungan kepada masyarakat. Pasalnya, sampai saat ini dengan munculnya harimau ini warga masih resah dan masih enggan ke tempat usahanya.  Kalau hal ini dibiarkan berlama-lama tentunya akan mengganggu ekonomi warga.

Reporter : Lokot Husda

Editor : Hanapi Lubis

Komentar Anda

komentar

Scroll To Top
Request Lagu
Loading...