Inilah Alasan Rosulullah Melarang Begadang

Mozaik Islam-Rosulullah melarang begadang umatnya, baik yang bertujuan apa lagi yang tidak jelas tujuannya. Rosulullah hanya menganjurkan bangun malam untuk sujud pada Allah SWT.
Diantara kebiasaan Rosulullah SAW adalah beliau tidak suka begadang. Udah pada tau belum alasannya kenapa kok Rosulullah tidak suka begadang? Simak yuk penjelasannya.
Rosulullah tidak akan begadang jika tidak ada urusan yang benar-benar penting. Baik tentang dakwah ataupun jihad. Sehingga Rosulullah akan menyegerakan tidur setelah sholat isya’, kemudian bangun di sepertiga malam untuk sholat tahajjud atau qiyamul lail.
Selain memudahkan tahajjud, ternyata kebiasaan begadang ini ternyata tidak baik. karena kesehatannya akan terancam. Inilah beberapa bahaya kesehatan itu :

1. Sistem Imun Melemah
Tidur terlalu malam ini ternyata berpengaruh membuat rusaknya sel-sel darah putih. Akibatnya kekebalan tubuh akan melemah dan tubuh mudah terserang penyakit yang aneh-aneh. Sayangi masa mudamu guys, sayang banget kan gak bisa nikmatin hidup karena sakit-sakitan.

2. Diabetes
Tidur terlalu malam juga dapat merusak hormon. Akibatnya, tubuh tidak toleran terhadap glukosa karena jumlah insulin menurun. Nah, orang yang memiliki kebiasaan begadang, akan rentan terkena diabetes loh.

3. Sakit Kepala Hingga Kerusakan Otak
Sahabat musmus pernah gak ngalamin sakit kepala karena kurang tidur? , nah akibatnya itu karena kurangnya tidur. Karena kita maksain melek. Karena istirahat tidak efektif, saat bangun tidur di pagi hari, kepala akan terasa sangat sakit. Nah, rasa sakit kepala itu yang dinamakan gagar otak kecil sedang menyerang. Jika hal ini dibiarkan terus menerus, maka kerusakan otak bisa mengancam. Coba sahabat musmus tidur lebih awal dan bangun di tengah malam sampai subuh, kondisi tubuh akan jauh lebih fit dan segar.

4. Kanker Hati
Kalau bicara tentang kanker, bawaanya ngeri kan guys. Nah, ini nih akibat yang bisa kita dapatkan kalau terus menerus begadang. Yaitu rentan terkena kanker hati. Hal ini sebagaimana dijelaskan dalam situs resmi UGM Fakultas Kedokteran Bagian Radiologi. Bahwa penelitian para dokter di National Taiwan Hospital menemukan bahwa tidur terlalu malam dan bangun terlalu siang merupakan penyebab utama kerusakan hati. Ngeri banget ya guys, ini nih yang gak banyak kita tau ya shabat musmus. Jadi mulai sekarang, minimalisir begadang yah, meski banyak tugas yang menggalau, atur pola belajarnya saja. Tidur lebih awal dan bangun lebih awal juga.
Itulah hikmah medis yang telah teruji dari salah satu kebiasaan yang tidak disukai Rosulullah SAW. Karena saat Rosullah SAW melarang sesuatu, pasti ada alasan yang sangat mndasar untuk kebaikan umatnya.
Sumber : media.ihram.asia
Editor : Hanapi Lubis

Komentar Anda

komentar

Scroll To Top
Request Lagu
Loading...