Inisiator Pansus Asap di DPR Mulai Kumpulkan Dukungan Lintas Fraksi

pansus asapUsulan pembentukan Pansus Asap di DPR mendapatkan dukungan dari hampir semua fraksi. Dukungan itu harus dibuktikan lewat tanda tangan para anggota.

“PKS akan minta tanda tangan itu. Akan kita edarkan, semoga fraksi-fraksi merespon,” kata Ketua Fraksi PKS Jazuli Juwaini saat dihubungi, Selasa (27/10/2015).
PKS memang sejak awal menyatakan siap menjadi inisiator Pansus Asap. Selain itu, dukungan juga datang dari fraksi-fraksi lain seperti PAN, Demokrat, dan Gerindra.

“Kan hampir semua fraksi mengatakan oke, tapi itu harus dibuktikan dengan tanda tangan,” ucap dia.

Jazuli menuturkan bahwa PKS menyoroti aspek pidana dari kebakaran hutan. Menurutnya, hal ini juga harus menjadi fokus Komisi III DPR yang membidangi hukum.

“Kita dorong ke komisi III, ini ada banyak pidananya. Sudah ada korban, ada indikasi pembakaran, ada tersangka,” ujar Jazuli.

Usulan ini juga mendapat restu dari pimpinan DPR. Wakil Ketua DPR Agus Hermanto mendukung langkah tersebut karena memang diperlukan untuk mendukung penanganan yang dilakukan pemerintah.

“Sangat perlu. Memang karena saat ini pemerintah belum bisa menangani. Setelah ada Panja, terus s ada Pansus maka ada dorongan-dorongan jauh lebih kuat karena Pansus kan lebih bisa karena bisa memanggil perusahaan, untuk penyelidikan, membantu pemerintah, memberikan masukan kepada aparat penegak hukum,” ujar Agus di Gedung DPR, Senayan, Jakarta, Selasa (27/10).

Komentar Anda

komentar

Scroll To Top
Request Lagu
Loading...