Inovasi Persamaian Gantung Percepatan Perkembangan Tanaman

Monang Nasution menunjukkan bibit Pokat hasil persamaian gantung.

Panyabungan,StArtNews- Dengan sistem inovasi persamaian gantung saat mulai dari benih dalam pembibitan, mampu menciptakan akar serabut yang sangat banyak.

Sehingga pertumbuhan pada tanaman akan lebih cepat dari bibit biasa. Demikian disampaikan Monang Nasution dari UPTP4S Desa Bange kecamatan Bukit Malintang Kabupaten Mandailing Natal kepada wartawan, Kamis (28/9) sore.

Dikatakannya, penemuan ini dilakukan untuk memangkas biaya yang dikeluarkan masyarakat pada saat memulai menanam.

Dia mencontohkan yang sudah dibuat contoh persamaian gantung antara lain tanaman Pokat, Singkong, Manggis, Coklat dan bagi jenis tanaman lain juga bisa.

“Dengan akar puluhan dibanding beberapa biji saja otomatis  Pertumbuhan tanaman lebih cepat akar lebih banyak keluar, sehingga cost dikeluarkan akan berkurang, bahkan bisa panen lebih cepat dari tanaman biasa, ” katanya.

Monang juga sedang melakukan eksperimen untuk Durian, dimana bisa dijadwalkan kapan berbuah. “Untuk Durian sudah kita coba di kebun percontohan, misalnya ada pokok Durian 12 batang kita buat tiap bulan ada yang panen selama 1 tahun itu, begitu selanjutnya,” jelasnya.

Monang sudah beberapa kali ikut pestival bidang pertanian baik lokal maupun nasional dan beberapa penemuan sudah ditemukan. Hanya saja dia tidak mau membuat hak paten dengan maksud agar bermanfaat bagi masyarakat luas secara bebas.

Reporter : Z Ray

Editor : Hanapi Lubis

Komentar Anda

komentar

Scroll To Top
Request Lagu
Loading...