Iran Gagal Mata-matai AS Gara-gara Notifikasi Facebook

8MUSIK & INFORMASI SANG Beberapa akun Facebook pejabat negara Amerika Serikat sedang diincar peretas Iran. Hal ini diketahui dari sebuah notifikasi di Facebook.

Tak hanya akun Facebook, peretas asal Iran ternyata telah pula menyelundup ke e-mail dan akun-akun online lain milik para pejabat negara AS. Tepatnya pejabat negara yang fokus mengurusi hal-hal terkait Iran dan Timur Tengah.

Pesan peringatan yang menggagalkan aksi mata-mata Iran ini dimunculkan oleh fitur pendeteksi serangan cyber yang dirilis Facebook pada Oktober lalu.

Fitur tersebut akan mengingatkan pengguna Facebook melalui sebuah notifikasi khusus yang muncul apabila akunnya dicurigai sedang coba dibobol oleh hacker, terutama yang dikerahkan oleh sebuah aktor negara (government-sponsored).

“Kami melakukan ini karena serangan (government-sponsored) semacam itu biasanya lebih canggih dan berbahaya,” tulis Facebook dalam penjelasannya. Cara pihak Facebook mendeteksi serangan sengaja dirahasiakan supaya tak diakali peretas.

Fitur tersebut awalnya diperuntukkan bagi masyarakat biasa agar waspada terhadap aksi mata-mata lembaga pemerintahan, seperti yang dilakukan oleh dinas intel AS, National Security Agency.

Dalam praktiknya, kali ini, fitur tersebut kini justru membantu pemerintah AS dalam mengidentifikasi serangan maya dari pihak luar.

Dilansir KompasTekno, Kamis (26/11/2015) dari BGR, menurut seorang pejabat negara senior AS, Iran punya tim mata-mata yang kuat dan hati-hati dalam kasus ini.

“Mereka bahkan tahu siapa saja staf kami yang bekerja untuk isu-isu Iran. Saat ini nuklir mereka telah rampung,” kata dia.

Intelijen AS yakin bahwa Iran akan terus melancarkan usaha untuk mendapat informasi dari pejabat negara AS dengan cara halus.

Pun begitu, kata intelijen tersebut, Iran tak bakal melakukan tindakan ekstrim yang membahayakan perjanjian nuklir multilateral, yang ditetapkan pada awal tahun ini.

Hal tersebut diiyakan perwakilan Center for Strategic and International Studies James Lewis. “Iran tak akan menghancurkan, tapi mereka akan lebih agresif dalam aksi mata-mata,” kata dia.

Bagaimanapun, hal ini membuktikan bahwa fitur notifikasi peringatan otomatis dari Facebook bermanfaat. Sebelumnya, fitur yang bersangkutan dianggap sebagai bentuk paranoia berlebihan.

Komentar Anda

komentar

Scroll To Top
Request Lagu
Loading...