Jalan Amblas Simpang Tolang Semakin Memprihatinkan

Start News Kotanopan –  Kondisi jalan Singengu  Batahan yang amblas sepanjang 30 meter di kawasan Desa Simpang Tolang Julu semakin memprihatinkan. Apabila tidak segera di perbaiki dikwatirkan akan mengambil korban jiwa.

Kondisi ini perlu secepatnya ditangani Pemkab Mandailing Natal. Pasalnya, badan jalan yang amblas itu sangat membahayakan masyarakat penggunaan jalan, khususnya pengendera roda empat dan roda dua.

Jalan Sayur Maincat-Batahan amblas yang berlokasi dikawasan  di desa Simpang Tolang Julu kec. Kotanopan Kab. Madina  butuh perbaikan

Jalan Sayur Maincat-Batahan amblas yang berlokasi dikawasan di desa Simpang Tolang Julu kec. Kotanopan Kab. Madina butuh perbaikan

Jalan tersebut merupakan penghubung utama antara tujuh desa di kawasan Rura Aek Singengu dengan ibu kota kecamatan kotanopan. Ke tujuh desa tersebut yakni, Desa Simpang Tolang Julu, Hutapuli, Ujung Marisi Lombang, Ujung Marisi Dolok, Sibiobio, Pagar Gunung dan Batahan.

Saat ini kondisi jalan sangat berbahaya untuk dilewati, apalagi tanda-tanda akan bahaya di titik jalan amblas tidak ada. Jika masyarakat pengendera tidak berhati-hati apalagi di malam hari, bisa saja terperosok ke dasar jurang mencapai puluhan meter dan bisa langsung terjatuh ke sungai (aek) Singengu yang mengalir tidak jauh dari longsoran tersebut.

Semenatar itu Warga sangat berharap Pemerintah daerah bisa segera melakukan perbaikan, karena jalan ini merupakan akses utama perekonomian, pemerintahan serta pendidikan anak-anak menuju ibu kota kecamatan. Kemudian jika, jalur ke daerah itu terputus, proses belajar mengajar di berbagai sekolah yang terdapat di kawasan itu akan terganggu, ini dikarenakan gurunya banyak yang berasal dari luar yang setiap hari melintasi jalan yang amblas tersebut.

Amiruddin Lubis,58, tokoh masyarakat simpang tolang julu kepada Kontributor Start News  mengatakan, jalan abrasi terjadi beberapa tahun lalu akibat hujan deras yang melanda daerah itu. Jalan yang amblas sangat membahayakan bagi masyarakat pengendera. Apabila tidak segera diperbaiki dikwatirkan akan mengambil korban jiwa.

Kontribotur Start News : Lokot Husda Lubis

Editor : Ody Eserge

Komentar Anda

komentar

Scroll To Top
Request Lagu
Loading...