Jalan Provinsi di Ulu Pungkut Yang Nyaris Terputus Belum Ditangani

 Ulu Pungkut.StArtNews– Tergerusnya jalan Provinsi menuju Kecamatan Ulu Pungkut Kabupaten  Mandailing Natal dua bulan lalu akibat meluapnya sungai Batang Pungkut sampai saat ini belum ada penanganan dari pihak terkait.  Padahal, jalan ini merupakan jalan satusatunya menuju beberapa Desa di Kecamatan tersebut, tergerusnya jalan ini juga cukup membahayakan pengguna jalan.

Pantauan StArtNews,  Senin (3/12), jalan  Provinsi yang tergerus di jalur Muara Pungkut – Simpang Banyak  ini ada lima titik.  Namun titik terparah terdapat di Kawasan Batu Saong desa Tolang dan kawasan desa Alahankae.  Untuk kawasan Batu Saong jalan tergerus mencapai 100 meter lebih.  Sedangkan untuk kawasan Desa Alahankae hanya sekitar 50 meter.

Tergerusnya jalan ini cukup membahayakan pengguna jalan.  Sebab,  ada yang kondisinya sudah 50 persen tergerus sungai.  Sampai saat ini sepertinya belum ada tindakan dari pihak terkait.  Padahal,  pengguna jalan yang melalui jalur ini cukup banyak.  Jalan ini juga satu satunya alternatif menuju Keacamatan Ulu Pungkut.

Syafruddin Lubis,  salah seorang tokoh masyarakat Ulu Pungkut yang di jumpai mengatakan,  jalan ini tergerus akibat meluapnya sungai Batang Pungkut dan faktor cuaca ekstrim.  Tergerusnya jalan ini cukup membahayakan pengguna jalan,  sebab sudah ada yang 50 persen badan jalan sudah tergerus sungai.

Dikatakannya,  sepanjang jalan Ulu Pungkut mulai dari desa Muara Pungkut-Simpang Banyak ada 4 sampai 5 titik yang tergerus sungai.  Harapannya,  semoga pihak terkait secepatnya memperbaikinya.  Sebab,  kalau terjadi pembiaran  tidak tertutup kemungkinan semakin lama semakin membahayakan.

Menurutnya,  saat ini setiap hari banyak anak sekolah yang lalu lalang menggunakan jalan ini.  Begitu juga dengan ASN dari Ulu Pungkut atau sebaliknya. ”  Jadi kita berharap pihak terkait secepatnya memperbaikinya. Jalur ini satu satunya menjadi jalan ke Ulu Pungkut” ucap Syafruddin Lubis.

Sedangkab Camat Ulu Pungkut,  Mhd.  Johan,  S.  Sos yang dihubungi mengatakan,  sesuai rapat di Medan tangal 29 November lalu yang di hadiri instansi terkait,  jalan ke Ulu Pungkut ini akan di perbaiki tahun 2019 nanti.  Hal ini bersamaan dengan penanganan rekontruksi relokasi banjir bandang.

Reporter : Lokot Husda Lubis

Editor : Hanapi Lubis 

 

Komentar Anda

komentar

Scroll To Top
Request Lagu
Loading...