Jalinsum di Kota Nopan Amblas Sepanjang 70 Meter Tergerus Sungai Batang Gadis

 

Kota Nopan,StArt News- Jalan Lintas tengah Sumatera tepatnya di Desa Saba Pasir, Kecamatan Kota Nopan, Kabupaten Mandailing Natal, Sumatera Utara terputus total, kendaraan yang melintasi jalan ini tak satupun yang bisa lewat karena badan jalan sepanjang 70 meter tergerus air sungai batang gadis tadi malam.

Kondisi ini terjadi tadi malam sekitar pukul 11.20 WIB, seluruh kendaraan yang dari Provinsi  Sumatera Utara menuju Provinsi Sumatera Barat dialihkan, belum diketahui apakah ada jalan alternatif bagi pengguna jalan lintas tengah sumatera tersebut,.

Bupati Mandailing Natal Drs. Dahlan Hasan Nasution kepada StArtNews pagi ini mengatakan, alat berat sejak tadi malam sudah diturunkan ke lokasi guna me;lakukan langkah awal penimbunan jalan yang tergerus air sungai batang gadis.

“  sejak tadi malam kita sudah turunkan alat beratke lokasi untuk menimbun badan jalan yang amblas tergerus air sungai, namun saat ini masih terkendala karena jalan tepat berada di pinggir sungai, untuk me;lakukan penmimbunan jalan, harus terlebih dahulu dilakukan pembuatan bronjong di pinggir sungai” papar Dahlan Hasan Nasiution.

Saat ini, pihaknya masih melakukan pendekatan kepada pemilik tanah yang berdekatan dengan jalan. Apabila bram jalan belum bisa tertimbun hari ini, maka alternatif akan dibuat jalan sementara dengan memanfaatkan lahan persawahan warga yang berada di sebelah kana jalan dari arah Kota Panyabungan.

Sementara itu, Kasat Lantas Polres Madina AKP.Herliandri SH kepada StArtNews mengatakan, apabila Bram jalan yang tergerus air sungai batang gadis tidak segera dilakukan penimbunan maka dipastikan seminggu ini kondisi Jalur tengah Lintas Sumatera masih lumpuh total.

Kasat Lantas menyarankan bagi pengguna jalan yang sudah terlanjur masuk wilayah Kota Nopan untuk beristirahatb sejenak ditempat yang lebih aman sambil menunggu kondisi perbaikan jalan dilakukan.

Bagi pengguna jalan yang dari arah Medan menuju Sumatera Barat  atau sebaliknya disarankan untuk mencari jalur alternatif atau mengalihkan perjalanan lewat Lintas Timur Pekan Baru. Demikian sebaliknya yang dari arah Sumbar menuju Sumut mengambil alih jalan dari Lintas Bukit Tinggi.

Reporter : Hasmar lubis

Editor : Hanapi Lubis  

 

Komentar Anda

komentar

Scroll To Top
Request Lagu
Loading...