Jelang Pelaksanaan Wukuf, Petugas Kloter 3/MES Survey Lokasi

Jelang Pelaksanaan Wukuf, Petugas Kloter 3/MES Survey Lokasi

Mekkah, StArtNews- Wukuf Arafah diperkiran tanggal 21 Agustus 2018 nanti. Pada hari itu,  seluruh jemaah haji akan menunaikan puncak haji. Para jemaah akan berangkat ke Arafah pada tanggal 20 Agustus 2018 atau 8 Dzulhijjah 1439H mendatang.

Ketua Kloter 3/MES asal Kab. Mandailing Natal H. Ikhwan Siddiqi, S.Ag, MA mengatakan untuk persiapan wukuf nanti, petugas kloter dan perwakilan jemaah Kloter 3/MES melaksanakan survei lokasi beserta pengurus maktab yang berangkat dari Masbahjin.

Dalam survey Armina ini, Ketua Kloter didampingi TPIHI H. Ahmad Zainul Khobir, S.Ag, MM, TKHI, TPHD dan 9 orang Ketua Rombongan jemaah haji Kloter 3/MES asal Kab. Mandailing Natal melakukan, perjalanan dari Mahbasjin menuju Arafah dengan menaiki bus yang disiapkan maktab yang ditempuh sekitar 30 menit.

“Tenda maktab nomor 28 sudah terpasang dan dibangun dengan permanen seperti bangunan tenda di Mina. Tenda ini benar-benar baru, kokoh, kualitas baik. Tidak seperti tenda pada musim musim haji sebelumnya, “kata Khobir Batubara TPIHI.

“Alhamdulillah tendanya baru, sangat dekat dengan deretan kamar mandi.  Ini tentunya sangat memudahkan para jemaah haji untuk bersuci, mandi dan mengambil wudhu nantinya,” ujar Khobir Batubara.

Pada kesempatan ini petugas kloter juga  menggantungkan spanduk di tenda yang menunjukkan tenda atau lokasi tempat jemaah haji Mandailing Natal melaksanakan wukuf. Kemudian mensimulasikan kegiatan selama jemaah berada di Arafah, mulai dari penempatan jemaah, pelaksanaan shalat, pelaksanaan wukuf, khutbah Arafah, zikir dan doa, serta penempatan tim kesehatan haji kloter.

TPHI Kloter 3/MES mengatakan, usai meninjau Arafah, rombongan survey melanjutkan perjalanan ke Musdalifah. Perjalanan dari Arafah ke Musdalifah sekitar 15 menit. Di area Musdalifah seluruh jemaah haji masuk kerangkeng dengan berpagar kawat besi keliling. Pintu masuk dan pintu keluar di dua sisi yang berbeda. Jarak kedua pintu itu sekitar 200 meter, dan berada di dua sisi jalan yang berbeda pula.

Reporter :Lokot Husda

Editor : Hanapi Lubis

Komentar Anda

komentar

Scroll To Top
Request Lagu
Loading...