Jokowi: Jangan Sampai Ketinggalan Trending Topic, Malu Nanti

indexMUSIK & INFORMASI PAGI – Presiden Joko Widodo bicara mengenai pentingnya kepekaan terhadap informasi. Siapapun yang ketinggalan informasi di masa kini akan malu.

“Kita sekarang ini mengalami trasformasi media yang luar biasa, kecepatannya luar biasa. Kita melihat, membaca, tidak hanya dari media mainstream, koran, majalah, TV. Tidak hanya dari media online, tetapi sekarang jurnalisme masyarakat itu hampir setiap detik muncul isu-isu yang berubah-berubah,” ujar Jokowi.

Pernyataan itu diungkapkan Jokowi saat membuka acara Konvensi Nasional Humas (KNH) 2015 Perhimpunan Hubungan Masyarakat Indonesia di Istana Negara, Jakarta Pusat, Rabu (18/11/2015). Acara tersebut dihadiri oleh ratusan praktisi PR (Public Relation).

“Hari ini trending topicnya apa? Dengan jelas bisa kita baca. Paling ramai apa, ‘Papa minta pulsa’, diganti ‘Papa minta saham’,” lanjut Jokowi.

Jokowi juga menyoroti perkembang media sosial. Indonesia merupakan salah satu negara yang penduduknya banyak memanfaatkan media sosial.

“Bisa kita lihat juga fotonya, Instagram, Path, Twitter, Facebook. Berapa sekarang pengguna Twitter di Indonesia? 32 juta. Facebook 76 juta. Internet user berapa sekarang? Akhir tahun 100 juta,” jelas Jokowi. Hal itu menurutnya  memicu perubahan digital ekonomi.

“Digital ekonomi juga berkembang cepat. Hitung-hitungan kita berubah. Perkiraan dari Ernest and Young tahun ini ada potensi USD 13 miliar. 2020 sudah mencapai USD 130 miliar. Berarti sudah berapa itu? Rp 2.000-an triliun. Sehingga perubahan ini sangat cepat sekali,” papar Jokowi.

“Sehingga PR-PR sekarang harus baca terus, yang baru ngehits apa, trending topik apa? Harus selalu mengikuti. Kalau enggak, kita bicara individu dengan individu, kita jadi enggak ngerti, malu kita, karena perubahannya detik per detik. Saluran media semakin beragam dan kita berada di era sosial media yang membuat jejaring media, berbeda 10-20 tahun lalu,” tambahnya.

Komentar Anda

komentar

Scroll To Top
Request Lagu
Loading...