Kabag Perekonomian : Kelangkaan LPG 3 Kg Akibat Meningkatnya Pengguna

Panyabungan, StArtNews-Kelangkaan Gas LPG 3kg di Kabupaten Mandailing Natal, Sumatera Utara semakin mengkhawatirkan, kondisi ini terjadi sudah sebulan belakangan, terkadang, untuk mendapatkan Gas LPG 3 Kg subsidi ini, warga harus rela antei berjam-jam.

Menanggapi hal ini, Kabag Perekonomian Kabupaten Mandailing Natal Erman Gafar Nasution mengatakan, sebulan terakhir memang kondisi kebutuhan LPG subsidi ini sangat tinggi apalagi saat puasa dan lebaran lewat, sehingga wajar kelangkaan terjadi dimana-mana.
Sebenarnya kata Kabag Perekonomian, pihak Pertamina sudah melakukan extra droping, namun kondisi ini pun tetap berkurang, kondisi ini terjadi salah satunya karena banyaknya warga yang menyetok LPG 3 Kg untuk kebutuhan karena takut tidak kebagian jatah.

Dari data Bagian Perekonomian Mandailin

g Natal memang, Kebutuhan Gas LPG 3 Kg untuk wilayah Mandailing Natal sendiri sekitar 115.000 per bulan. Untuk Wilayah Kota Panyabungan sendiri masih kurang sehingga dipasok dari Kecamatan Kotanopan.

Dikatakan Herman Gafar Nasution, pada minggu ini, kondisi akan kembali normal seiring berakhirnya Lebaran.

Dikatakan Herman Gafar Nasution, Faktor kelangkaan LPG 3 Kg subsidi ini adalah Kebutuhan yang semakin meningkat, kemudian semakin banyaknya warga yang menggunakan LPG dan Banyaknya pelaku ekonomi. Sementara itu jatah sejak tahun 2011 lewat tidak pernah bertambah.

Untuk itu papar Herman Gafar Nasution Pada bulan Juli ini, Pemerintah akan melakukan uji coba LPG 3 Kg non Subsidi dengan harga produksi Rp10.500./kg artinya harga produksi nya berarti dikisaran Rp.31.500/kg, ini nanti diharapkan akan mengurangi kelangkaan yang terjadi. Namun harga tersebut belum termasuk.
Sebenarnya kata Kabag Perekonomian, yang berhak mendapatkan LPG 3 Kg subsidi ini adalah warga penerima dana Raskin. Mah kondisi saat ini justru kebanyakan yang mendapat LPG 3 Kg Subsidi itu warga mampu ekonomi dan bahkan pedagang besar pun saat ini banyak yang menggunakan LPG 3 Kg subsidi.

Saat ini dari hasil pantauan StArtNews harga LPG 3 kg subsidi dijual pangkalan saat ini mencapai Rp.22.000/tabung nya. Sementara HET untuk wilayah Panyabungan hanya dikisaran Rp.19.250 per tabung nya.

Reporter : Hanapi Lubis

Komentar Anda

komentar

Scroll To Top
Request Lagu
Loading...