Kabid Yankes Bantah Puskesmas Belum Registrasi

Panyabungan.StArtNews- Terkait masalah puskesmas di Mandailing Natal yang belum teregistrasi, Kabid Pelayanan Kesehatan Dinkes Mandailing Natal Agusman pada StArtNews Jumat 12/01  membantah perihal tersebut.

Dikatakan Agusman bahwa 26 Puskesmas di Mandailing Natal sudah tersertifikasi di Kementrian Kesehatan Republik Indonesia. “Informasi terkait belum adanya sertifikasi jelas saya bantah”.

Terkait masalah Akreditasi memang sejauh ini baru tahap pengusulan ke Kementrian Kesehatan. Pada tahun ini ada 14 Puskesmas yang akan kita ajukan untuk diakreditasi dari 26 Puskesmas yang ada di Mandailing Natal. Dan sejauh ini pihak Dinas Kesehatan Mandailing sudah mulai masuk ke tahap penggalangan Komitmen dengan Bupati, Puskesmas dan Masyarakat agar Akreditasi bisa terlaksana dengan baik di Kabupaten Mandailing Natal.

Upaya-upaya yang dilakukan Dinas Kesehatan termasuk melakukan pelatihan kepada para pendamping Akreditasi dan sudah mendapatkan sertifikat layak sehingga pada pelaksanaan aturan  mendapatkan predikat Akreditasi dapat terlaksana dengan baik.

Seperti diketahui bahwa memang Akreditasi Puskesmas adalah suatu pengakuan terhadap hasil dari proses penilaian eksternal, oleh Komisioner Akreditasi terhadap Puskesmas, apakah sesuai dengan standar akreditasi yang ditetapkan.

Ada 3 persyaratan standar yang harus dipersiapkan setiap Puskesmas dalam rangka mencapai Agreditasi tersebut sesuai dengan aturannya yakni Standar Administrasi dan Managemen, kemudian Standar Program Puskesmas dan Standar Pelayanan Puskesmas.

Sesuai dengan aturannya, Pada tahun 2019 akreditasi akan menjadi persyaratan PPK 1 sebagai provider JKN (recredentialing fasilitas primer).

Reporter : Hanapi Lubis

Editor : Hanapi Lubis

Komentar Anda

komentar

Scroll To Top
Request Lagu
Loading...