Kadis Pertanian Madina : Pengembangan Litbang Batan di Madina Capai 125 Ha

Kotanopan.StArtNews- Bupati Mandailing Natal melalui Kadis Pertanian Mandailing Natal, Taufik Zulhendra Ritonga, SP, MM menyampaikan, pengembangan Litbang Badan Tenaga Nuklir Nasional (Batan) di Kabupaten Mandailing Natal sudah mencapai 125 Ha. Capaian ini patut kita banggakan sebab, hanya Kab. Mandailing Natal satu-satunya Kabupaten di Sumatera Utara yang terus bekerja sama dengan Litbang Batan ini.

Hal itu dikatakan Kadis Pertanian Mandailing Natal, Taufik Zulhendra  Ritonga saat acara temu petani pengguna Litbang Badan Tenaga Nuklir  Nasional (Batan) di desa Muara Pungkut Kec. Kotanopan Sabtu (7/10).

Dikatakannya, Pemkab Mandailing Natal sudah bekerja sama dengan Litbang Batan selama 7 tahun lebih, atau tepatnya mulai tahun 2011-2017. Ternyata hasil Litbang Batan Jakarta sangat cocok bagi alam Mandailing Natal. Hal ini dibuktian dengan mengunakan bibit padi hasil Litbang Batan ini penghasilan petani meningkat sebanyak 80 Ton/hektarnya. Peningkatan ini tentunya sesuatu yang patut di syukuri, sebab dengan sendirinya akan menambah kemakmuran bagi petani.

Ditambahkannya, ada beberapa variates unggul  hasil  Litbang Batan yang dikembangkan di Madina, mulai dari variates Mira 1, Impari Sidenok dan Pandan Putri. Sedangkan kegiatan Litbang Batan  ini ada sipatnya penangkaran benih dan ada juga penyebaran benih. Kedua program ini sudah dikembangkan di Madina. Khususnya penyebaran benih kita kembangkan di Kecamatan Kotanopan, yaitu di desa Muara Pungkut, Muara Soro dan Tambang Bustak.

“Alasan kenapa di Kotanopan dikembangkan, sebab di Kecamatan ini ada sedikit kemudahan, yaitu para petani dalam menanam bibit padinya masih mengandalkan pola tanam serentak. Selain variates padi, Litbang Batan di Madina juga bergerak ditanaman kacang kedele. Saat ini kita sedangkan mengembangkan tanaman kacang kedele di Kecamatan Ulu Pungkut dan Panyabungan”, ujar Taufik.

Pihaknya juga beterimakasih kepada Litbang Batan yang sudah berkenan bekerja kerja sama untuk pengembangan varites unggul dari Litbang  Batan di Mandailing Natal. Semoga kerja sama ini bisa meningkatkan hasil pertanian di Kab. Mandaililing Natal.

Reporter : Lokot Husda Lubis

Editor : Hanapi Lubis

Komentar Anda

komentar

Scroll To Top
Request Lagu
Loading...