Kadistan: Tips Memillih Hewan Qurban yang Sehat dan Baik

Panyabungan, StArtNews- Hari Raya Idul Adha tahun ini jatuh pada 22 Agustus 2018, tak ada salahnya kita sebagai masyarakat muslim memiliki persiapan dalam merayakan hari yang fitrah tersebut, seperti  memilih hewan qurban.

Secara umum, hewan yang akan dijadikan qurban haruslah halal secara Islam dan sehat. Namun dengan banyaknya penjual hewan qurban yang ada, tentu membuat Anda sebagai masyarakat umum bingung memilih hewan qurban yang sah dan sehat.

Tidak ingin moment berqurban kali ini menjadi tidak sah dikarenakan beberapa hal sepele yang tidak anda ketahui.

Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Madailing Natal, Taupik Zulhandra Ritonga mengatakan “untuk mengetahui hewan qurban yang akan kita pilih pertama kita harus tahu usia hewan.”

Karena hewan qurban yang baik adalah hwan yang cukup usia seperti untuk kambing dan domba sendiri usianya harus cukup 12-18 bulan, sementara sapi dan kerbau 22 bulan.

Cara untuk mengetahui usia hewan qurban adalah melalui catatan kelahiran ternak yang dimiliki oleh pemilik.

Selain itu, bisa juga dapat melakukan metode cek gigi hewan yakni jika gigi susu hewan tersebut telah tanggal (dua gigi susu yang di depan), hal tersebut menandakan ternak (kambing dan domba) telah berumur sekitar 12-18 bulan, sedangkan sapi dan kerbau sekitar 22 bulan.

Selanjutnya dikatakan Kadis Pertanian, “dipastikan hewan Qurban tidak memeliki cacat serta pastikan dimana tempat hewan qurban yang kita beli.

Karena memilih tempat dimana yang akan membeli hewan kurban, menjadi hal yang juga tak kalah penting. Jangan membeli hewan kurban yang diternak di tempat pembuangan sampah, karena berpotensi mengandung bahan berbahaya bagi tubuh yang nanti akan mengonsumsinya.

Pilihlah hewan kurban yang diternak di lingkungan yang bersih dan jauh dari polusi udara, hal ini tentu saja berpengaruh pada tingkat stress yang akan dialami oleh hewan yang berimbas pada kesehatan tubuhnya.

Selain hewan harus sehat dan bersih, hal yang lain yang tak kalah penting adalah pilih hewan qurban sesuai dengan kemampuan keuangan kita yang akan membeli hewan qurban” Paparnya.

Reporter : Hasmar Lubis

Editor : Hanapi Lubis

Komentar Anda

komentar

Scroll To Top
Request Lagu
Loading...