Kakan Kemenag Madina Kompetisi Sains Madrasah

Panyabungan, StArtNews- Kepala Kantor Kementerian Agama Kab. Mandailing Natal melalui Kepala Sub Bagian Tata Usaha H. Irfansyah Nasution, S.Ag, MM secara resmi membuka perhelatan akbar Kompetisi Sains Madrasah (KSM) Kabupaten Mandailing Natal bertempat di Lapangan Upacara MAN Panyabungan, Sabtu (12/5).

Kasubbag TU saat membuka kegiatan ini menyampaikan, Kompetisi Sains Madrasah merupakan ajang kompetisi yang bertujuan meningkatkan mutu pendidikan sains di Madrasah secara komprehensif, melalui kompetisi budaya belajar, kreativitas, dan motivasi yang sehat dan menjunjung tinggi sportivitas.

Ditegaskannya, penyelenggaraan KSM ini menunjukkan bahwa pendidikan Madrasah tidak hanya mempelajari dan menguasai ilmu-ilmu agama saja, tapi juga mempelajari dan menguasai pengetahun dan ilmu-ilmu sains, sama dengan yang dipelajari para siswa di sekolah umum.

Irfansyah Nasution juga menekankan kepada para peserta, bahwa KSM ini harus dapat menanamkan pada diri anak didik, sikap bangga sebagai warga madrasah dan tidak malu atau berkecil hati belajar di madrasah, katanya.

Di akhir arahannya, Irfansyah Nasution berharap dengan penyelenggaraan KSM, benar-benar dapat melahirkan generasi yang jujur, berintegrasi, dan pekerja keras. Selain itu,  melahirkan ilmuwan yang menguasai Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (Iptek), tapi juga beriman dan berakhlakul karimah.

Sementara itu, Ketua Panitia H. Abdul Muis, MA menyampaikan, kegiatan KSM ini diikuti 524 orang siswa yang terdiri dari, tingkat MI  24 orang, MTs 258 orang, dan tingkat MA sebanyak 242 orang. Sedangkan  mata pelajaran yang diperlombakan untuk MI, 2 mata pelajaran yaitu matematika terintegrasi dan sains IPA terintegrasi. Untuk MTs 3 mata pelajaran yaitu matematika terintegrasi, IPA terintegrasi dan IPS terintegrasi, sedangkan MA dengan 6 mata pelajaran yaitu matematika terintegrasi, biologi terintegrasi, fisika terintegrasi, kimia terintegrasi, ekonomi terintegrasi dan geografi terintegrasi.

KSM digelar di dua lokasi penyelenggaraan,  yaitu di MTsN dan MAN Panyabungan dan hasil dari KSM ini akan diumumkan hari Senin, 14 Mei 2018. Para peserta terbaik KSM ini akan menjadi duta-duta Kemenag Mandailing Natal dalam mengikuti KSM Tingkat Provinsi Sumatera Utara nantinya, ucap Abdul Muis Lubis.

Reporter : Lokot Husda

Editor: Hanapi Lubis

Komentar Anda

komentar

Scroll To Top
Request Lagu
Loading...