Kebakaran Hutan Tewaskan 74 Orang, Yunani Berkabung 3 Hari

Bangsa Yunani tengah berduka menyusul kebakaran hutan yang melanda negeri itu. Setidaknya 74 orang tewas dan 187 orang lainnya luka-luka akibat kebakaran hebat tersebut. Korban jiwa bahkan dikhawatirkan akan bertambah seiring para petugas penyelamat masih melakukan pencarian warga yang terperangkap di rumah-rumah mereka atau mobil-mobil yang terbakar.

Kebakaran hutan yang terjadi mulai Senin (23/7) sore waktu setempat itu, menghanguskan rumah-rumah dan hutan-hutan, hingga memaksa warga menyelamatkan diri ke laut.

“Hari ini, Yunani berkabung,” kata Perdana Menteri Alexis Tsipras yang mengumumkan masa berkabung nasional selama tiga hari, seperti dilansir kantor berita AFP, Rabu (25/7/2018). Tsipras yang tengah berada di Bosnia saat kebakaran terjadi, mempersingkat kunjungannya dan pulang ke Yunani.

Media-media Yunani menyebut bencana ini sebagai “tragedi nasional”. Kebakaran ini disebut sebagai salah satu yang terparah dalam abad ini. Sebagian besar korban yang meninggal terjebak di resor Mati, 40 kilometer sebelah timur laut Athena, dan meninggal di rumah atau mobil mereka.

Pemerintah Yunani belum merilis jumlah orang yang dinyatakan hilang dalam bencana ini. Namun jumlah korban jiwa diyakini akan melampaui kebakaran di Pulau Evia, Yunani selatan pada tahun 2007 yang menewaskan 77 orang.

Menteri Dalam Negeri Panos Skourletis mengatakan, prioritas saat ini adalah memadamkan api yang masih berkobar di Kineta, sekitar 50 kilometer dari Athena.

Sebelumnya pada Senin (23/7) lalu, penduduk wilayah pesisir dekat Athena diberitahu untuk meninggalkan rumah mereka karena kebakaran yang menyebar tidak dapat dikendalikan. Ratusan anak-anak juga telah dievakuasi dari kamp liburan.

Sumber : DetikNews.Com

Komentar Anda

komentar

Scroll To Top
Request Lagu
Loading...