Kebakaran Pasar Baru,10 Jam Api Baru Bisa Dipadamkan Keseluruhan

Panyabungan, StArtNews- Pada pukul 12.00WIB hari ini, Sabtu 16 Juni, api yang menghanguskan ratusan Los dan Kios di Pasar Baru Panyabungan, Kabupaten Mandailing Natal akhirnya bisa dipadamkan setelah 10 jam secara keseluruhan oleh Pemadam Kebakaran yang dibantu warga. Sebanyak 6 unit mobil Damkar milik Pemda Mandailing Natal dan Pemko Padang Sidimpuan serta sebuah mobil watercanon milik Polres Mandailing Natal diturunkan untuk memadamkan kobaran api tersebut.

Kebakaran sendiri terjadi pada pukul 02.00WIB dini hari tadi. Api diduga berasal dari sebuah los lantai bawah Pasar Baru Panyabungan. Banyaknya bahan material yang mudah terbakar membuat api dengan cepat merambah ke los dan kios yang ada di sekitarnya.

Sejak pukul 02.00WIB Dini hari tadi, tim Pemdam Kebakaran dibantu warga terus berjibaku memadamkan api. Wargapun ikut membantu memadamkan dengan alat seadanya saja.

Baru pukul 12.00WIB siang tadi, api baru bisa dijinakkan. Setengah isi Pasar Baru Panyabungan dipastikan sudah ludes terbakar. Tidak ada korban jiwa dalam kebakaran ini, namun kerugian materi diperkirakan ratusan milliar rupiah.

Saat ini, dipastikan isi seluruh kios dan ruko yang tidak terbakar sudah diselamatkan oleh pemiliknya masing- masing. Kondisi pasar sekarang sudah kosong bahkan diperkirakan tidak layak pakai lagi.

Para pedagang lebih memilih membawa barang dagangannya ke rumah masing-masing ketimbang menaruh kembali barang dagangannya di kiosnya yang tidak terbakar.
Sofwan salah seorang pedagang pecah belah mengaku, saat kejadian kebakaran dia beserta saudara-saudara turun langsung mengevakuasi barang dagangannya dari kios miliknya sebelum api merambah ke kiosnya. Seisi kiosnya bisa diselamatkan dan dibawa pulang. Untuk sementara kata Sofwan, dia dan pedagang lainnya yang selamat dalam peristiwa kebakaran ini mengurungkan niat untuk menaruh barang-barangnya di kiosnya. Karna kondisi pasar sendiri pasca kebakaran sudah tidak layak lagi karena banyak pintu kios yang terpaksa dibongkar untuk menyelamatkan barang dagangan para pedagang.
Untuk mengamankan pasar dan dagangan pedagang, pihak Kepolisian Polres Mandailing Natal saat ini terpaksa mensterilkan lokasi dan membuat garis polisi.
Terkait masalah apakah Pasar Baru masih bisa difungsikan atau tidak, Belum ada keterangan resmi dari Pemerintah setempat namun diperkirakan, pasar tersebut tidak lagi layak guna karna kondisinya sudah parah dan rawan ambruk pasca kebakaran.
Tim Redaksi StArtNews

Komentar Anda

komentar

Scroll To Top
Request Lagu
Loading...