KNPI Madina akan Gugat Luas dan Batas TNBG

Panyabungan, StArtNews- DPD KNPI Mandailing Natal (Madina) akan “menggugat” luas dan batas wilayah Taman Nasional Batang Gadis (TNBG) ke Pemerintah Pusat, Provinsi, hingga Kabupaten dalam waktu dekat.

Gugatan ini didasari adanya pernyataan pihak TNBG dalam sosialisasi baru-baru ini yang mengklaim luas TNBG di Madina mencapai 72.800 Hektare. Klaim TNBG tersebut harus ditolak dengan keras karena dinilai sebagai bentuk penzoliman terhadap masyarakat Madina khususnya yang tinggal dikawasan TNBG sejak lama.

Demikian disampaikan Ketua DPD KNPI Madina, Onggara Lubis didampingi sejumlah pengurus dan juga beberapa tokoh masyarakat dan tokoh adat di Aula Hotel Rindang Panyabungan, Senin sore (22/1).

Onggara menjelaskan sampai hari ini menurut pengetahuannya belum ada tapal batas wilayah TNBG dengan masyarakat adat yang jelas. Kemudian apa manfaat keberadaan TNBG untuk masyarakat juga tidak ada sama sekali, kecuali lahan yang sejak dahulu diusahai masyarakat harus dilepaskan dengan terpaksa akibat tuntutan Undang-undang yang dilahirkan pemerintah.

Mempertegas luas dan tapal batas TNBG ini sifatnya sudah wajib karena diindikasi banyak ketidaksingkronan antara sesama instansi pemerintah baik itu dalam garis batas, pemetaan kawasan hutan, serta program-program tahunan yang menggunakan dana pusat tidak transparan.

“Lahan masyarakat yang diklaim TNBG, atas nama rakyat harus di kembalikan pemerintah kepada rakyat untuk anak cucu yang akan datang, kita tidak mau masyarakat terjajah dengan modus apapun itu. Karena itu DPD KNPI Madina akan membentuk tim non pemerintah supaya pemerintah mengembalikan lahan masyarakat” ucap Onggara.

Reporter : Z Ray

Editor : Hanapi Lubis

Komentar Anda

komentar

Scroll To Top
Request Lagu
Loading...