Kolang Kaling Madina Dikirim ke Jakarta

Puluhan ibu dan anak-anak ikut menggepengkan kolang kaling di daerah Kotanopan.

Kotanopan.StArtNews- Kolang kaling asal Kab. Mandailing Natal dikirim ke Jakarta untuk pasokan berbuka puasa di daerah tersebut. Pengiriman ini sudah berlangsung mulai sebulan lalu dan akan berlangsung terus sampai puasa Ramadhan berlangsung.

Informasi ini di dapat dari salah seorang penampung kolang kaling di daerah Kotanopan, Risna Lubis, Selasa ( 16/5). Kolang kaling ini dikirim dua atau tiga hari sekali melalui mobil truk atau Cold Diesel.

Dikatakannya, kolang kaling ini di dapatkan dari petani aren di Mandailing Julu, mulai dari Kotanopan, Ulu Pungkut, Muara Sipongi, Tambangan dan Puncak Sorik Marapi. Harganya di beli sekitar Rp. 4000/Kg. Sedangkan kolang kaling yang sudah di gepengkan harganya Rp. 6000.

” Setelah kolang kaling di beli dari tingkat petani aren, kita kumpulkan di sini untuk digepengkan kembali. Toke toke di Jakarta itu mau menerima kolang kaling harus digepengkan dulu. Jadi saat dibeli dari pengrajin, kolang kalingnya masih bulat. Jadi kita gepengkan terlebih dahulu di sini baru di kirim.

Ditambahkannya, pihaknya sudah mengirim puluhan ton kolang kaling ke Jakarta mulai tiga minggu lalu. Setiap mengirim bisa satu atau dua mobil truk.

Pantauan di lokasi pengumpul kolang kaling ini,  puluhan orang yang terdiri dari kaum ibu dan anak anak ikut langsung menggepengkan kolang kaling ini sebelum dikirim ke Jakarta. Setiap 1 Kg, upah menggepengkannya Rp. 500.

Maimunah, salah seorang ibu rumah tangga yang ikut menggepengkan kolang kaling ini mengatakan, dirinya ikut menggepengkan kolang kaling ini untuk menambah biaya rumah tangga.

Dirinya mengajak anak anaknya ikut serta agar lebih banyak yang bisa digepengkan. Kerjanya cukup mudah, untuk menggepengkan kolang kaling ini hanya dengan botol berisi air. Jadi anak kecilpun bisa melakukannya.

Reporter : Lokot Husda

Editor : Hanapi Lubis

Komentar Anda

komentar

Scroll To Top
Request Lagu
Loading...