Konflik Lahan, Dishan Madina Gelar Rapat Masyarakat dan Perkebunan

Panyabungan – Akibat terjadinya konflik lahan yang tak kunjung selesai. Dinas Pertanahan Kabupaten Madina menggelar rapat dengan Badan Pertanahan Nasional (BPN), Dinas Koperasi, Disnakertrans, seluruh kepala desa Kecamatan Batahan dan Sinunukan serta perwakilan dari PTPN IV diaula kantor Bupati, kamis (28/9).

Rapat kordinasi penyelesaian masalah lahan perkebunan  yang diprakarsai Dinas Pertanahan Madina ini dihadiri Bupati Madina, Drs Dahlan Hasan Nasution, Wakil Bupati Madina, HM Jakfar Sukhairi Nasution, Kadis Pertanahan, Ahmad Faisal Lubis, Perwakilan BPN, Perwakilan dari PTPN IV, Camat Batahan, Irsal Variadi, S. STP, Ketua Koperasi dan kepala desa.

Bupati Madina Drs Dahlan Hasan Nasution dihadapan seluruh anggota rapat kordinasi yang hadir menegaskan, konflik terkait lahan di kecamatan Batahan dan Kecamatan Sinunukan ini sudah cukup lama menjadi masalah. Untuk itu, dalam rapat ini harus bisa diselesaikan segera dan terukur.

“Sudah cukup lama konflik lahan ini bergulir ditengah masyarakat, sehingga sudah banyak masyatakat yang menjadi korban tersangkut masalah hukum. Jadi saya mau ini segera diselesaikan.” Tegasnya

Namun imbuhnya, dalam mencari solusi guna menyelesaikan masalah yang saya anggap akut ini, saya juga meminta seluruh pihak lebih mengedepan sopan santun, bukan dengan bersitegang saling keras suara.

“Dalam menyelesaikan suatu masalah itu, marilah kita lebih mengedepankan qalbu (hati) jangan dulu kita memakai otak. Karena sambungnya, apabila kita lebih mengedepankan qalbu dalam menyelesaikan sebuah masalah, semua pasti akan selesai dan akan mendapatkan solusiny” pungkasnya

Hal senada juga disamlaikan Wakil Bupati Madina, HM Jakfar Sukhairi Nasution, didalam forum dihadapan seluruh peserta rapat beliau mengungkapkan, marilah kita sama-sama memikirkan untuk masa depan anak cucu kita dengan lebih mengedepankan musyawarah dalam menyelesaikan sebuah masalah.

Jauhkan rasa ego kita demi sebuah solusi yang sama-sama kita harapkan. Jadi seperti yang disampaikan Bapak Bupati, marilah kita mengedepankan qalbu dalam menyelesaikan masalah yang sudah sangat lama ini. ” pintanya

Sementara itu Kadis Pertanahan Madina, Ahmad Faisal Lubis usai menggelar rapat kepada Andalas menjelaskan, dari hasil rapat kordinasi dengan semua pihak yang terkait, kita akan segera melakukan pengukuran lahan kembali bersama seluruh pihak yang terkait.

“Sebelum dilaksanakan pengukuran lahan kembali, dalam rapat saya juga telah menyampaikan agar seluruh berkas yang bersangkutan dengan lahan atau berkas izin lahannya agar diserahkan dengan kita.

Karena tambahnya, apabila terkait berkas-berkas ini belum kita pelajari dan dilakukan pengukuran kembali, bagaimana kita bisa menyelesaikan masalah lahan ini” tegasnya

Dan untuk waktu penyelesaian, secepatnya akan kita usahakan mengatur jadwal kapan kita akan melakukan pengukuran kembali dan setelah dilakukan nanti kita akan tau mengambil langkah berikutnya” tandasnya.
Sumber : Press Release Humasy Pemkab Madina

Editor : Hanapi Lubis

Komentar Anda

komentar

Scroll To Top
Request Lagu
Loading...