KPU Madina Tetapkan DPT Sebanyak 274583 Orang

Panyabungan, StArtNews- Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Mandailing Natal menetapkan Daftar Pemilih Tetap (DPT) untuk Pilkada Gubernur dan Wakil Gubernu Sumut 2018 dengan jumlah pemilih mencapai 274583 orang. Jumlah DPT merupakan gabungan DPT dari 23 Kecamatan, 404 Desa, 902 TPS Se Mandailing Natal. Hal ini dikatakan Agus Salam Nasution pada StArtNews Jumat 20/04 di Kantor KPU Mandailing Natal.

Dikatakannya, keputusan tersebut, Berdasarkan data hasil sidang Pleno KPU Madina di aula Kantor KPU Madina Kelurahan Kayu Jati pada Kamis (19/4) yang Juga dihadiri Komisioner Panwaslih Madina Joko Arif Budiono, Maklum Pelawi dan Tim Pasangan Calon no satu dan dua.

Ketua KPU Mandailing Natal Agus Salam Nasution Mengucapkan rasa terimakasih kepada para PPK dan Dinas Dukcapil yang telah bersusah payah menyiapkan data pemilih ,Tiga yang paling pokok dalam pemilihan ini, yaitu ada Penyelenggaranya, Pesertanya dan Pemilihnya. Jika tiga unsur ini sudah ada maka kita akan bisa menyukseskan Pemilihan ini,” tegasnya.

Sementara Asrizal Komisioner KPU menambahkan dari DPT 274.583 dengan rincian Laki-laki 134.808 orang, Perempuan 139.775 orang.

Dari DPT Pilgubsu 2018 ini berkurang dari Pilkada Bupati dan wakil Bupati Madina Tahun 2015, pada DPT Pilkada 2015 lalu sebanyak 329.684 orang. Dari data tersebut berkurang DPT sebanyak 55.101 orang.

Pengurangan tersebut di karena regulasi untuk menjadi pemilih sudah berubah, dulu Pilkada 2015 untuk menjadi pemilih cukup berdomisili 6 bulan di daerah tersebut, namun sekarang sudah berubah harus mempunyai E-KTP atau surat keterangan dari Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil.

Bisa kita contohkan di Pesantren santrinya dulu bisa terdaftar di DPT Madina, namun sekarang harus mempunyai E-KTP dengan domisili Madina, namun saat ini mereka terdaftar di daerah masing-masing sesuai KTP mereka,”jelasnya.

Reporter : Tim Redaksi StArtNews

Editor : Hanapi Lubis

Komentar Anda

komentar

Scroll To Top
Request Lagu
Loading...