Lagi, Pemkab Palas Raih WDP! Tahun Depan Targetkan WTP

START FM : Pemerintah Kabupaten Padang Lawas (Pemkab Palas) kembali meraih penilaian opini Wajar Dengan Pengecualian (WDP) untuk kedua kalinya dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) Perwakilan Sumatera Utara.

Itu terungkap, saat penyerahan LHP yang dilaksanakan Senin (25/7) lalu, di kantor BPK Perwakilan Sumut di Medan diterima langsung Bupati Palas H Ali Sutan Harahap (TSO) didampingi Ketua DPRD Palas H Syahwil Nasution, Plt Sekda H Syamsul Anwar Lubis SE, Sekwan H Panguhum Nasution SSos MAP, Kadispenda Palas H Budi Utari Siregar, Kepala Inspektorat Daerah Arpan Nasution.

Ketua BPK-RI Perwakilan Sumatera Utara, Ambar Wahyuni didampingi beberapa kepala auditor menyatakan, sejak tahun 2014 lalu Kabupaten Palas menjadi daerah otonom baru, dapat mempertahankan predikat WDP yang diraihnya sebelumnya.

Dari predikat disclaimer dapat terus ditingkatkan menjadi WDP. Namun masih ada beberapa poin penting yang perlu dilakukan terkait perbaikan aset. Diantaranya, termasuk penetapan harga untuk aset yang dimiliki. Sebab, masih ada aset yang dilaporkan tidak dilengkapi dengan penyesuaian harga.

Lagi, Pemkab Palas Raih WDP! Tahun Depan Targetkan WTP

“Padahal masalah harga itu bisa diterbitkan SK Bupati, untuk membuat harga yang sesuai. Apalagi ada harga dari Cipta Karya yang bisa jadi panduan. Kemudian, perbaikan masih ada aset yang tidak ada perincian alamatnya, itu harus dilengkapi,” terangnya.

Ambar menyarankan, agar pemerintah daerah menjalin komunikasi yang baik dengan tenaga-tenaga auditor BPK. Dan intinya, tidak ada yang perlu ditakutkan. Sebab, BPK bukan musuh, tapi memberikan solusi supaya pengelolaan keuangan di daerah semakin baik.

“Untuk tahun depan perjuangkanlah mendapat opini WTP (Wajar Tanpa Pengecualian). Karena jalannya sudah terbuka sesuai dengan opini WDP yang didapat,” harapnya.

Pada kesempatan itu, Bupati Palas H Ali Sutan Harahap (TSO) menyampaikan rasa terima kasih kepada Kepala BPK RI Perwakilan Sumatera Utara yang selalu siap dan koperatif memberikan arahan dan bimbingan untuk pelaporan keuangan.

Sementara Plt Sekretaris Daerah Palas Syamsul Anwar Lubis, mengaku bangga dengan hasil yang didapatkan. Sebab, dari hasil laporan keuangan tahun 2014 Pemkab Palas telah dapat opini Wajar Dengan Pengecualian ( WDP). Dan selanjutnya laporan Hasil pemeriksaan ditahun 2015 masih dapat dipertahankan predikat WDP tersebut yang tetap diraih.

“Maka atas keberhasilan pencapaian opini WDP ini, kerja keras selama ini terobati, hal ini tidak terlepas berkat dukungan dan arahan dari bupati dan wakil serta kerja keras seluruh SKPD,” katanya.

Hal senada dikatakan Kadis Pendapatan Pengelolaan Keuangan dan Asset Daerah (DPPKAD) Palas Budi Utari Siregar. Dia menyebutkan, dengan diraihnya opini WDP untuk LHP 2015 merupakan suatu bukti keseriusan pemerintah daerah untuk membenahi laporan keuangan dan Asset secara baik sesuai dengan ketentuan dan aturan.

“Satu hal yang harus diambil dari meningkatkan opini yang di dapatkan tahun ini, yakni etos kerja akan selalu ditingkatkan, dan dapat mendorong kinerja dalam pencapaian penilaian opini WTP,” tandas Budi.

Sumber : Metro Tabagsel

Admin : MJS

 

Komentar Anda

komentar

Scroll To Top
Request Lagu
Loading...