Madina laksanakan Shalat Khusuf

Panyabungan.StArtNews- Rabu malam, ummat muslim di Mandailing Natal, melaksanakan Shalat Khusuf atau Shalat Gerhana Bulan, pelaksanaan Shalat sendiri berlangsung secara berjamaah di masjid-masjid yang ada di Mandailing Natal. Di mesjid Agung Nur ’alannur Aek Godang panyabungan contohnya, pelaksanaan Shalat Gerhana Bulan ini berlangsung sekitar pukul 20.11 WIB atau usai Shalat Fardu Isya.

Pelaksanaan Shalat gerhana bulan di Masjid agung Nur ’alannur  ini sendiri dihadiri ratusan jamaah baik laki-laki maupun perempuan, pelaksanaan Shalat juga dihadiri Bupati dan Wakil Bupati Mandailing Natal serta Unsur Muspida dan para perjabat di lingkungan Pemerintah Daerah Kabupaten Mandailing Natal.

Kepala Kantor Kementerian Agama Mandailing Natal Drs. H. Muksin Batubara, M.Pd usai Shalat gerhana Bulan mengatakan bahwa, pelaksanaan Shalat gerhana bulan ini sendiri tidak hanya dilaksanakan di Masjid Agung Nur ’alannur saja, namun sesuai surat edaran dilaksanakan di seluruh Masjid yang ada di Kabupaten Mandailing Natal.

Usai pelaksanaan Shalat Gerhana, panitia sengaja melakukan tausyiah sebelum para jamaah membubarkan diri, tausyiah sendiri diisi oleh Ustad Nurdin, S.Pd, dalam ceramahnya, beliau mengatakan bahwa Shalat Gerhana bulan ini sangat jarang didapatkan, bisa jadi hanya sekali dalam seumur hidup, sehingga ummat muslim dianjurkan untuk melaksanakan Shalat Gerhana bulan atau Shalat Khusuf bukan dengan cara mengabadikan dan kumpul-kumpul di pinggir jalan hanya untuk melihat fenomena alam tersebut.

Sementara itu salah seorang jamaah Shalat Gerhana Ramlan  pada StArtNews mengatakan bersyukur bahwa dirinya masih diberi kesempatan untuk melaksanakan Shalat gerhana bulan ini karena jelas belum tentu dapat dalam seumur hidupnya, dia juga mengapresiasi Pemerintah Daerah yang memberikan edaran pada seluruh masjid di mandailing Natal agar melaksanakan Shalat gerhana bulan ini.

Reporter : Hanapi Lubis

Editor : Hanapi Lubis

Komentar Anda

komentar

Scroll To Top
Request Lagu
Loading...