Madina Raih Juara Umum PORSADIN Ke III Sumatera Utara

Panyabungan,StArtNews Kontingen Kab. Mandailing Natal raih juara umum pada pelaksanaan Pekan Olahraga dan Seni Antar Diniyah (PORSADIN) Tingkat Provinsi Sumatera Utara yang berlangsung dari tanggal 27 – 29 Oktober 2017 di Asrama Haji Pangkalan Masyhur Medan.

PORSADIN  ini dibuka Plt. Kepala Kanwil Kementerian Agama Provinsi Sumatera Utara Tengku Darmansyah dan ditutup oleh Kasi Kependidikan Diniyah dan Alquran Kamaluddin Siregar, Minggu, 29 Oktober 2017.

Kepala Kantor Kementerian Agama Kab. Mandailing Natal Drs. Muksin Batubara, M.Pd yang dihubungi,  Senin (30/10) menyampaikan, Kegiatan ini diikuti  215 orang Santri dari 12 Kabupaten/Kota yang ada di Sumatera Utara.

Sedangkan  musabaqah dan pertandingan olah raga yang digelar adalah seni mulai dari, Pidato Bahasa Indonesia, Pidato Bahasa Arab, Tahfiz Juz Amma, Cerdas Cermat, Kaligrafi, Murottal Wak Imlak, Puisi Islami, Futsal dan Atletik.

Muksin Batubara juga memberikan apresiasi dan mengucapkan terima kasih atas keberhasilan dan prestasi yang diraih oleh santri MDTA Madina sehingga meraih juara umum pada pelaksanaan PORSADIN Tahun 2017 ini. Untuk kontingan Medan juara umum 2 dan kontingen Labuhan Batu Utara juara umum ke 3.

” Prestasi yang diraih ini merupakan buah dari kerja keras dan latihan yang tekun dan disiplin dari para santri yang dibimbing dan dibina oleh Kantor Kementerian Agama, Forum Komunikasi Diniyah Takmliyah (FKDT) dan Pemkab Mandailing Natal yang terus bersinergi dalam membangun pendidikan agama dan keagamaan di Bumi Gordang Sambilan untuk mewujudkan Madina Negeri Beradat Taat Beribadah, tegas Muksin Batubara.

Dia juga menekankan kepada para santri yang meraih prestasi untuk tidak berpuas  dan berbanga diri. Bersyukurlah dengan prestasi yang diraih, serta terus mengembangkan dan meningkatkan kemampuan dan kompetensi yang dimiliki sehingga menjadi lebih baik dan lebih berprestasi lagi pada masa yang akan datang.

Sedangkan kepada para santri yang belum meraih prestasi terbaik tahun ini untuk tidak berputus asa dan menyalahkan diri. Jadikan ini sebagai pemacu untuk lebih giat lagi belajar dan berlatih, Insya Allah di tahun mendatang akan meraih prestasi yang lebih baik dari tahun ini, ujar Muksin Batubara.

Sementara itu Kasi Pendidikan Diniyah dan Pondok Pesantren Kemenag Mandailing Natal, Ahmad Asrin, menyampaikan bahwa kontingen PORSADIN Mandailing Natal pada pelaksanaan PORSADIN Tingkat Sumatera Utara Tahun 2017 ini sebagai juara umum dengan meraih juara satu sebanyak 4 cabang yaitu : Nafisah juara 1 Atletik Putri, Abdul Razak juara 1 Pidato Bahasa Indonesia Putra, Zikri Al-Faris juara 1 Puisi Islami Putra, dan Ainun Qolbi juara 1 Hafiz Juz 30 Putri.

Selain meraih empat juara 1 pada 4 cabang yang diperlombakan, kontingan PORSADIN Mandailing Natal juga meraih empat juara 2 pada 4 cabang yaitu : Ahmad Husein, Riski Amelia dan Raniya Najwa juara 2 Cerdas Cermat, Rafly Husein Batubara juara 2 Murottal wal Imlak Putra, Suci Fadhilah juara 2 Murattal Putri, dan Erisa Rayanti juara 2 Pidato Bahasa Arab Putri, ujar Ahmad Asrin.

Reporter : Lokot Husda

Editor : Hanapi Lubis

Komentar Anda

komentar

Scroll To Top
Request Lagu
Loading...