Mahasiswa UMTS PKP di Desa Bange

Poto bersama PKP mahasiswa UMTS Fakultas Pertanian angkatan 14 di markas Pas Jujur Jaya Desa Bange.

Panyabungan,StArtNews- Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Tapanuli Selatan (UMTS) angkatan 14 Fakultas Pertanian melaksanakan Peraktek Kerja Profesi (PKP) 2017 di lokasi Pas Jujur Jaya Desa Bange Kecamatan Bukit Malintang Kabupaten Mandailing Natal (Madina).

Demikian disampaikan Reza Syahri perwakilan mahasiswa kepada wartawan, Jumat  (15/9).

Reza mengatakan lokasi PKP mereka di bawah asuhan Hamonangan Nasution seorang motivator, peneliti, penemu bidang pertanian di Madina.

“Dalam peraktek ini angkatan 14 Fakultas pertanian UMTS berhasil merekayasa perakaran Ubi Kayu yang bisa menghasilkan 100 – 150 bakal calon ubi dan bisa panen 100 sampai 150 kg per batang, “ujarnya.

Dia berharap apa yang menjadi hasil peraktek mereka bisa bermanfaat bagi masyarakat luas. “tentu ini tidak terlepas dari peran pak Monang,” katanya.

Monang panggilan akrab Hamonangan Nasution beberapa kali juara tentang temuan khusus bidang pertanian mengatakan membagikan ilmu ibadah dengan harapan berguna bagi masyarakat luas.

“Temuan sebelumnya produksi ubi kayu baru sampai 40 hingga 60 kg, dan pada saat ini mahasiswa bisa merekayasa hingga panen 150 kg, semoga temuan mereka bisa dimanfaatkan masyarakat luas, “harapnya.

Reporter : Z Ray
Editor : Hanapi Lubis

Komentar Anda

komentar

Scroll To Top
Request Lagu
Loading...