Masyarakat Dinilai Tak Optimal Berantas Korupsi Tanpa Dukungan Pemerintah

TOP NEWS – JAKARTA, – Pemerintah tentunya masih membutuhkan peran strategis masyarakat untuk mencegah, mendeteksi dan memberantas korupsi.

Sayangnya, berbagai kebijakan pemerintah yang berkaitan dengan strategi pemberantasan korupsi dinilai belum mendukung adanya peran serta masyarakat yang lebih strategis.

4

Menurut mantan Menteri Hukum dan HAM, Amir Syamsudin, peran aktif masyarakat tidak akan maksimal tanpa adanya dukungan kebijakan pemerintah yang menguntungkan.

“Bentuk-bentuk peran masyarakat antara lain sebagai informan atau penyuplai informasi, sebagai penyebar isu, sebagai pengawas dan sebagai pendidik,” kata Amir dalam seminar di Jakarta, Selasa (15/3/2016).

Menurut Amir, masyarakat dapat berperan serta mengambil inisiatif untuk melaporkan atas kemungkinan terjadinya korupsi kepada aparat penegak hukum.

Namun, tidak jarang bila laporan masyarakat tentang terjadinya kasus korupsi sering tidak ditanggapi oleh aparat penegak hukum.

Penegak hukum seringkali beranggapan bahwa informasi atau dari masyarakat disampaikan semata-mata untuk memeras.

Oleh karena itu, Amir menegaskan bahwa pemerintah perlu membuat strategi kebijakan yang mengakomodir peran masyarakat sipil sebagai pengawas dan bisa berperan aktif mengawal proses pengusuta kasus korupsi oleh penegak hukum.

SUMBER BERITA : KOMPAS.com

Komentar Anda

komentar

Scroll To Top
Request Lagu
Loading...