Meko Perekonomian : Masyarakat Harus Alihkan Tanaman Karet ke Tanaman Hortikultura

Panyabungan Timur, StArtNews- Menteri Perokonomian DR. H. Darmin Nasution, SE dalam lawatannya ke Mandailing Natal, Sumatera Utara menyarankan Masyarakat petani karet untuk mengalihkan lahannya ke Tanaman Hortikultura karena harga karet tidak akan bisa lagi diharapkan untuk naik seperti sedia kala.

“Mengingat harga karet tidak bisa lagi kita harapakan, saya mengajak masyarakat Madina untuk merobah tanaman karet ke tanaman hortikultura,” ujarnya saat meninjau pelebaran jalan di Kecamatan Panyabungan Timur yang disampingi Bupati Mandailing Natal Drs. H. Dahlan Hasan Nasution.

Darmin Nasution berpendapat, setelah beberapa kali upaya Pemerintah untuk menekan harga karet agar terus naik ternyata tidak bisa sehingga Pemerintah secara Nasional berpendapat bahwa harga karet tidak lagi bisa tembus Rp.13 .000 seperti yang diharapkan.

Warga Mandailing Natal memang 45 persen berpenghasilan sebagai petani karet, sehingga langkah untuk mengalihkan kebun karet ke tanaman hortikultura dianggap tepat mengingat lahan yang subur di wilayah ini dan dianggap akan mampu mendongkrak perekonomian masyarakat  Mandailing Natal yang berprofesi sebagai petani karet. Namun langkah ini harus dibarengi dengan dukungan Pemerintah setempat, sehingga masyarakat bergiat. Jelas Menko Perekonomian Republik Indonesia Darmin Nasution.

 

Menyangkut pelebaran jalan yang dibuka oleh Bupati Mandailing Natal tanpa dana APBD tersebut, Menteri Koordinator Perekonomian Indonesia, DR. H. Darmin Nasution, SE berpendapat bahwa langkah itu adalah terobosan bagus. Jalan yang saat ini berstatus jalan Kabupaten tersebut nantinya akan diusulkan statusnya menjadi jalan nasional kepada Pemerintah Pusat.

“Saya akan berupaya semaksimal mungkin dalam membantu dan membicarakan pengajuan permohonan jalan Panyabungan Timur ini termasuk pengaspalannya,” katanya.

Dalam kesempatan tersebut Menko Perekonomian juga mengapresiasi tekad dari pada Bupati Mandailing Natal, Drs. H. Dahlan Hasan Nasution dan warga masyarakat Panyabungan Timur atas pelebaran jalan ini.

“Bupati telah menunjukkan tekadnya dalam pelebaran jalan ini, sedangkan masyarakat menyumbangkan lahannya dalam pelebaran ini,” kata Darmin dihadapan warga masyarakat Panyabungan Timur.

Dalam kesempatan tersebut Menko juga mengharapakan dorongan dari pada Pemerintah Provinsi Sumatera Utara dan para anggota DPRD Sumut sehingga jalan Panyabungan Timur ini menjadi jalan nasional.

Sementara itu, Bupati Mandailing Natal, Drs. H. Dahlan Hasan Nasution menyampaikan akan menyiapkan segala persyaratan yang dibutuhkan untuk persyaratan jalan nasional.

“Surat menyurat akan saya bereskan secepatnya, saya mengharapkan doa dari semua masyarakat agar bapak Menteri sehat selalu sehingga semuanya bisa terealisasi secepatnya,” harap Bupati.

Reporter : Hanapi Lubis

Komentar Anda

komentar

Scroll To Top
Request Lagu
Loading...