Melontar Jumrah Selesai, Jemaah Haji Madina Senyum Bahagia

Mina, StArtNews- Hari ini tanggal 13 Zulhijjah 1439H / 24 Agustus, jemah haji asal Madina telah selesai melontar ketiga Jumrah.

Senyum bahagia terlihat dari mimik Jemaah Haji. Betapa tidak,  setelah bergulat selama tiga hari terakhir dengan cuaca panas dan dengan jemaah lainnya dari Seantero Dunia,  mereka berhasil wukuf di Arafah dan melontar Jumrah.

Sebagaimana diketahui, Jemaah haji Kabupaten Mandailing Natal yang tergabung dalam Kloter 3/MES seluruhnya mengambil nafar tsani, dimana jemaah haji berada dan melontar jamarat sampai dengan hari ini tanggal 13 Zulhijjah 1439H / 24 Agustus 2018.

“Di hari terakhir melontar ketiga jumrah,  Jemaah berangkat setelah mengerjakan shalat subuh pada pukul 05,00 WAS. Para jemaah bergerak berjalan kaki dari tenda di Mina Maktab 28 menuju jamarat yang berjarak sekitar 3 km,” kata Ketua Kloter H. Ikhwan Siddiqi, S.Ag,MA.

Sementara itu TPIHI Kloter 3/MES H. Ahmad Zainul Khobir, S.Ag,MM menyampaikan, jemaah Mandailing Natal saat melontar jumroh selalu bersama sama dan berombongan. Tidak ada yang memisahkan diri dan selalu didampingi dan dikawal  Petugas Kloter dan Kerukunan Keluarga Sumatera Utara (KKSU).

Khobir Batubara menambahkan, pihaknya sengaja mengambil waktu pelontaran di hari terakhir pada waktu subuh, mengingat jemaah haji Mandailing Natal 65% berusia lanjut tidak merasakan panasnya terik matahari pada saat berjalan dan melakukan pelontaran dan  menghindari kepadatan dan berdesak-desakkan dengan jemaah lainnya dari berbagai mancanegara.

“Setelah para jemaah haji Kabupaten Mandailing Natal selesai melakukan kewajiban melontar ketiga jumroh dihari terakhir ini, para jemaah tidak lagi kembali ke tenda di Mina, tapi jemaah langsung kembali ke hotel di Mahbas Jin Mekkah dengan berjalan kaki secara bersama sama,” ujar Khobir Batubara.

Menurut Khobir Batubara,  dari Jamarat tempat pelontaran jumroh jauh lebih dekat ke Mahbas Jin Mekkah daripada ke tenda di Mina. Kalau ke Mahbas Jin hanya sekitar 2 km, tapi kalau ke tenda lebih 3 km, dan kalau ke Mekkah bisa menggunakan fasilitas eskalator sehingga semakin mudah jemaah dan tidak capek atau kelelahan.

Sepanjang jalan menuju Mahbas Jin Mekkah para jemaah terus mengumandangkan takbir, tahmid, tasbih dan shalawat Nabi Dari raut wajah para jemaah nampak keceriaan dan senyum kebahagiaan karena telah menyelesaikan rangkaian ibadah haji di ARMINA selama 5 hari dengan baik dan sempurna.

“Para jemaah tiba di Mahbas Jin Mekkah setelah menempuh perjalanan selama 1,5 jam dengan penuh keceriaan dan kebahagiaan. Selanjutnya,  para jemaah akan beristirahat sekitar 5 jam untuk memulihkan stamina, untuk persiapan thawaf ifadah dan sa’i, pada waktu menjelang magrib nantinya,” jelasnya.

Khobir Batubara juga menyampaikan, jemaah haji yang dibadalkan pelontarannya dan tas jinjing daripada jemaah haji Mandailing Natal telah dulu sampai di hotel Mahbas Jin Mekkah dengan menaiki bus yang disiapkan maktab 28, yang dikawal oleh Ketua Kloter 3/MES H. Ikhwan Siddiqi, S.Ag,MA.

“Hal ini menunjukkan pelaksanaan bimbingan manasik haji yang difasilitasi dan diberikan Kantor Kementerian Agama Kabupaten Mandailing Natal dan KUA Kecamatan Sekab. Mandailing Natal memang benar benar dipahami, dimengerti dan diamalkan oleh para jamaah haji. Mereka mandiri, walaupun di Kabupaten Mandailing Natal tidak ada Kelompok Bimbingan Manasik Haji (KBIH),” tegas Khobir Batubara.

Khobir Batubara berharap persaudaraan, kekeluargaan dan kebersamaan yang dibangun sejak manasik di KUA Kecamatan dan sampai di tanah suci ini, akan terus terjalin ukhuwah islamiyah dan silaturrahmi yang makin erat. Demikian juga kepada KKSU ucapan terima kasih yang tidak terhingga terhadap bantuan yang tidak terkira nilainya kepada jemaah haji Kabupaten Mandailing Natal, mudah-mudahan jalin silaturrahmi ini akan terus berlanjut dan berkesinambungan, dalam membantu jemaah meraih haji mabrur,  ujar Khobir Batubara.

Reporter : Lokot Husda

Editor : Hanapi Lubis

Komentar Anda

komentar

Scroll To Top
Request Lagu
Loading...