Menang Pilkada Surabaya, Risma: Ini Amanah Berat

1MUSIK & INFORMASI SIANG – Tri Rismaharini mengatakan kemenangannya di pemilihan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Surabaya merupakan amanah berat yang harus dilakukannya selama lima tahun kedepannya.  Pasangan yang diusung PDIP ini menang berdasarkan hasil hitung cepat yang dilakukan oleh Surabaya Consulting Groups (SCG) di kantor Dewan Pimpinan Cabang Kota Surabaya, Rabu, 9 Desember 2015.

“Ini amanah yang berat, apalagi kita kedepannya akan menghadapi era baru yaitu MEA (Masyarakat Ekonomi Asean),” kata Risma kepada wartawan di posko pemenangan yang sekaligus kantor Dewan Pimpinan Cabang PDIP Kota Surabaya.

Namun begitu, Risma mengaku sudah berusaha mengantisipasinya untuk menghadapi MEA itu, sehingga dia berharap warga Kota Surabaya tidak hanya menjadi penonton di kotanya sendiri pada era tersebut. “Sehingga saya memiliki tiga program yang harus segera dilakukan,” kata dia.

Tiga program itu adalah menyiapkan warga Kota Surabaya dalam menghadapi MEA, sehingga dia akan berusaha menyiapkan Sumber Daya Manusia warga Surabaya, supaya lebih kompetitif dan bisa tempur dengan warga ASEAN. “Selanjutnya, kami akan fokus pada peningkatan kesejahteraan rakyat,” kata dia.

Kesejahteraan itu, lanjut dia, dengan cara meningkatkan dan memberikan fasilitas beasiswa lebih banyak kepada anak-anak Kota Surabaya, supaya lulusannya tidak hanya SMA atau SMA. “Tapi mereka lebih banyak akses untuk menempuh pendidikan perguruan tinggi,” ujarnya.

Selain itu, Risma juga ingin mengupayakan daya tarik Kota Surabaya supaya bisa sejajar dengan kota-kota lain di ASEAN. Sebenarnya, kata dia, sejak dirinya menjabat Wali Kota Surabaya sudah banyak memasarkan tentang Surabaya ke luar negeri, sehingga dengan dorongan yang lebih intensif, maka dia yakin daya tarik investor pada Kota Surabaya akan lebih meningkat. “Jadi, kita harus memiliki daya saing dengan negara-negara ASEAN,” kata dia.

Bahkan, Risma yakin bahwa warga Kota Surabaya bisa menjadi pemenang dan nyonya di kotanya sendiri asalkan bisa konsisten dan kemudian bisa menyiapkan SDMnya menjadi lebih baik. “Surabaya ini harus terus berlanjut untuk menyongsong MEA,” ujarnya.

Komentar Anda

komentar

Scroll To Top
Request Lagu
Loading...