MUI Sumut: Kegiatan Aksi Bela Islam 212 Berpusat di Masjid Agung

mui-sumut-kegiatan-aksi-bela-islam-212-berpusat-di-masjid-agung

Majelis Ulama Islam (MUI) Sumut mengapresiasi terwujudnya kesepakatan bersama antara Kepala Kepolisian Republik Indonesia (Kapolri) dan Gerakan Nasional Pengawal Fatwa (GNPF) MUI, di Jakarta, kemarin. Dalam pertemuan pada Senin (28/11/2016) itu disepakati aksi bela Islam 2 Desember 2016 (212) dilaksanakan dengan sholat bersama jutaan umat muslim di lapangan silang Monas, bukan di jalan raya.

Berkaitan dengan aksi serupa di kota Medan, DR Arifinsyah selaku pengurus MUI Sumut mengatakan bahwa aksi bela Islam di Medan akan menyesuaikan dengan kesepakatan antara Polri dan GNPF MUI di Jakarta.

“Di Medan, aksi bela Islam akan dipusatkan di Masjid Agung jalan Diponegoro Medan. Kegiatan dimulai dari pagi, diisi dengan tausiah-tausiah, kemudian dilanjutkan dengan sholat bersama, zikir, selanjutnya para ulama akan menyapa umat yang hadir,” tutur DR Arifinsyah pada wartawan melalui sambungan seluler, Rabu (30/11/2016).

DR Arifinsyah juga menegaskan bahwa pihaknya komit untuk menjaga ketertiban umum saat aksi 212 berlangsung, dan informasi yang diperolehnya, setelah kegiatan di masjid Agung, massa akan membubarkan diri, tidak berlanjut ke kantor Kejaksaan Tinggi atau Mako Polda Sumut.

“Tidak ada konvoi-konvoi lagi. Gak usah lah. Kita kawal aja proses penegakan hukumnya. Ya setelah selesai zikir di Masjid Agung, para ulama akan berkeliling menyapa umat yang hadir,” ujarnya.

Dosen Fakultas Ushuluddin UIN Sumut ini juga menegaskan bahwa para ulama akan tetap menjaga bingkai NKRI.

“Kebhinekaan kita merupakan bagian dari tatanan kebangsaan, jadi harus dihargai. Bagi Islam, NKRI sudah final. Konsensus kebangsaan, 4 pilar yakni Pancasila, UUD 1945, NKRI dan Kebhinekaan itu sudah final. Jadi mari kita jaga bersama supaya keadaan menjadi sejuk,” imbaunya.(BS03)

Sumber : beritasumut.com

Editor : Hanapi Lubis

Komentar Anda

komentar

Scroll To Top
Request Lagu
Loading...