Nilai Tukar Dollar Melambung, Harga Komoditi Ekspor di Madina Relatif

 

TBS Sawit di Madina turun dalam beberapa hari terakhir.

Panyabungan, StArtNews- Tingginya nilai tukar Dollar terhadap rupiah melebihi Rp.15.000, tidak berpengaruh terhadap harga beberapa komoditi ekspor di tingkat petani di Kabupaten Mandailing Natal (Madina) malah cenderung turun.

Dari Inpormasi dari berbagai sumber, Selasa (9/10) mengatakan harga komoditi yang turun harga TBS Sawit dari Rp.1.200 menjadi Rp.700 an/kg, Kakao turun dari Rp.26.000/kg menjadi Rp.23.000/kg. Harga getah karet alam dari Rp.8.000 jadi Rp.7.000/kg.

“Harga komoditi ekspor relatif pasca naiknya nilai tukar Dollar terhadap Rupiah, ada tetap ada yang turun, ” ujar Arman Sink seorang pengepul.

Dia mengatakan harga normal untuk Kemiri Kupas super tetap Rp.34.000/kg, Kulit Manis sekitar Rp.30.000/kg, Kopi Arabika sekitar Rp.27.000/kg.

“Jadi saya perhatikan tidak ada pengaruh positif terhadap kenaikan harga, tidak seperti krisis moneter Tahun 1998 petani diuntungkan dengan naiknya nilai tukar Dollar, “katanya.

Pangeran Hidayat petani sawit di Madina mengakui dalam sepekan terakhir malah harga TBS anjlok hingga level Rp.700/kg. “Sudah dua kali turun, malah disaat harga Dollar terhadap rupiah naik, makanya kita bingung, “ujarnya.

Reporter : Z Ray

Editor : Hanapi Lubis

Komentar Anda

komentar

Scroll To Top
Request Lagu
Loading...