Padangsidimpuan Aman dari Zika dan DBD

START NEWS – Kepala Dinas Kesehatan memastikan kawasan Padangsidimpuan aman dari penyakit virus Zika dan Demam Berdarah Dengue (DBD). Namun begitu, bukan berarti Pemko tinggal diam, tetapi harus tetap waspada.

“Hingga sekarang belum ada warga terkena atau temuan kita terhadap virus Zika dan DBD di Padangsidimpuan. Hal itu sesuai laporan dari seluruh Rumah Sakit yang ada di Padangsidimpuan yang kita terima,” kata Kepala Dinas Kesehatan Pemerintah kota (Pemko) Padangsidimpuan,” H Letnan Dalimunthe melalui Kabid PMK dr Maryanthi melalui selulernya, kemarin.

Maryanthi mengatakan, pihaknya sudah menyurati Kepala Puskesmas se-Padangsidimpuan agar mengawasi dan turun melihat langsung ke setiap desa, kelurahan dan lingkungan jika ada indikasi akan adanya DBD atau Zika.

Masyarakat kota Padangsidimpuan dihimbau untuk hidup sehat dengan menjaga kesehatan mulai dari keluarga dan lingkungan tempat tinggal. “Kami juga dalam waktu dekat akan melakukan Fooging untuk kecamatan yang diduga terkena penyakit endemik DBD itu sendiri jika nantinya ada laporan yang kami terimah,” katanya.

Seperti diketahui, infeksi virus Zika terjadi melalui perantara gigitan nyamuk Aedes, terutama spesies Aedes aegypti. Penyakit yang disebabkannya dinamakan sebagai Zika, penyakit Zika (Zika disease) ataupun demam Zika (Zika fever).

Virus Zika yang telah menginfeksi manusia dapat menimbulkan beberapa gejala, seperti demam, nyeri sendi, konjungtivitis (mata merah), dan ruam. Gejala-gejala penyakit Zika dapat menyerupai gejala penyakit dengue dan chikungunya, serta dapat berlangsung beberapa hari hingga satu minggu.

 SUMBER : Harian Bisnis

Komentar Anda

komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Scroll To Top
Request Lagu
Loading...