Padi siganteng :Warga kecamatan siabu adakan penanaman serentak

START NEWS – SIABU – Benih padi Siganteng terbukti meningkatkan produksi atau hasil panen petani khususnya di Kecamatan Siabu, Kabupaten Mandailing Natal, Beberapa musim panen terakhir ini hasilnya berlipat ganda dan cukup memuaskan para petani. penanaman bibit si ganteng di sawah barajulu

warga kecamatan siabu baru baru ini menanam bibit padi siganteng dengan serentak.

Laporan Reporter : HAIRUL seorang petani desa lumban dolok ,kecamatan siabu,kabupaten mandailing natal provinsi sumatera utara , mengatakan kepada reporter start fm saat di wawancarai langsung di sawah BARA JULU.

beberapa musim panen belakangan ini, padi Siganteng bisa menghasilkan 80 kaleng dalam satu lungguk, berarti sekitar 500 kaleng dalam satu hektare, padahal sebelumnya masyarakat petani di desa ini,hanya bisa menghasilkan padi 40-50 kaleng dalam satu lungguk. Atas peningkatan hasil panen ini, masyarakat sekarang ini lebih memilih padi Siganteng untuk ditanam.

Saat ini petani di Desa lumban dolok tetap menanam benih padi Siganteng, selain bisa meningkatkan produksi tani, juga lumayan tahan terhadap serangan hama jika dibandingkan dengan padi yang lainnya.( Reporter)

Hairul menambahkan : ada kisah menarik atas penemuan benih Siganteng ini, sepengetahuan kami benih ini ditemukan oleh salah seorang warga bernama Erwin Hasibuan sekitar empat tahun yang lalu. Kemudian penemuan itu dijadikan sebagai benih unggul untuk musim tanam berikutnya atas hasil yang cukup mengkagetkan masyarakat petani.

Konon, empat tahun yang lalu almarhum Erwin menemukan rumpun padi yang berbeda dari biasanya, karena ada beberapa rumpun memiliki biji padi yang banyak. Sehingga beberapa rumpun itu dijadikannya sebagai benih untuk musim tanam berikutnya, dan memang ternyata hasil panennya jauh berbeda dari panen petani lainnya di desa ini.

Reporter :Musly Joss Start

Editor : Ody Eserge

Komentar Anda

komentar

Scroll To Top
Request Lagu
Loading...