Pagelaran Gordang Sambilan Berlangsung di Kotanopan

Kotanopan, StArtNews-

Mulai dua Idul Fitri, pagelaran Gordang Sambilan berlangsung di Kecamatan Kotanopan, tepatnya di desa Tambang Bustak Kec. Kotanopan Kab. Mandailing Natal.
Acara yang disponsori Persatuan Naposo Nauli Bulung (PNNB) desa Tambang Bustak ini, Sabtu malam (16/6) resmi dibuka Camat Kotanopan Kholillullah, S.Sos. Hadir dalam acara tersebut tokoh adat dan tokoh masyarakat Kotanopan.

Ketua Panitia Arlan Muda Pulungan dalam sambutannya mengatakan, pagelaran ini dilaksanakan 3-5 Syawal 1439 H (17-19 Juni 2018) bertempat di lapangan desa Tambang Bustak. Sedangkan pelaksananya PNBB dan masyarakat desa Tambang Bustak.
Dikatakannya, sedang pesertanya yang ikut dalam kegiatan ini adalah groub Gordang Sambilan Tambang Bustak, Pidoli, Gading Bain, Manambin, Sawahan Kelurahan Pasar Kotanopan, Siantona dan Hutapungkut Tonga.
Tujuan kegiatan ini menurut Arlan, untuk menjadikan ajang kreativitas bagi masyarakat sebagai salah satu mata rantai pergaulan kehidupan yang berbudaya. Selain itu, untuk melestarikan Gordang Sambilan sebagai salah satu seni budaya Mandailing.
Sedangkan Camat Kotanopan Kholliullah, S.Sos dalam sambutanya mengatakan, menyambut baik kegiatan pagelaran Gordang Sambilan ini. Ini temasuk salah satu bentuk pelestarian budaya dan patut dicontoh desa desa lain. Selain itu, ia berharap kegiatan ini akan memunculkan bibit baru yang pandai menggunakan Gordang Sambilan.

Reporter

: Lokot Husda Lubis

Editor : Hanapi Lubis

Komentar Anda

komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Scroll To Top
Request Lagu
Loading...