Panen Ubinan Padi Sawah Di Kotanopan

PANYABUNGAN (  Start FM) – Dinas Pertanian Kab. Mandaiing Natal melalui UPT. Dinas Pertanian Kotanopan bekerja sama dengan Koramil 14 Kotanopan, Badan Penyuluh, Perkebunan dan Perikanan (BP3K)  dan Kelompok Tani, Jum’at (1/4) melaksanakan panen ubinan padi sawah di desa Saba Dolok dan Muara Soro Kecamatan Kotanopan.

legowo4

Tujuan panen ubinan ini untuk mengetahui apakah hasil panen  padi sawah di daerah ini meningkat atau tidak.  Ternyata dari ubinan yang dilakukan hasil panen di daerah ini meningkat dan melampau target yang ditetapkan Kabupaten Madina yaitu 5,1 ton  /hektar.

Kadis Pertanian Madina melalui Kepala UPT Pertanian Kecamatan Kotanopan, Mulyadi mengatakan, dari hasil panen ubinan padi sawah yang kita lakukan, hasil padi sawah ini di daerah Kotanopan tahun ini  meningkat dan jauh melampau batas yang ditetapkan Kabupaten sebanyak 5,1 hektar.

Mulyadi menambahkan, Rata-rata jumlah hasil panen di Kotanopan 6 ton/Hektar, bahkan ada yang mencapai 7 ton.  Kalau kita  mengacu kepada target yang di tetapkan Kabupaten sebanyak 5, 1 Ton/Hektar ini sudah tercapai. Keberhasilan ini patut kita syukuri, artinya hasil panen di daerah Kotanopan ini kalau di bandingkan dengan daerah lain masih sangat bangus.

Walupun begitu, kedepan pihaknya tetap berharap agar panen ini bisa lebih di tingkatkan dengan melibatkan semua pihak, mulai dari PPL, BP3K, Kelompok Tani dan lainnya. Memang  diakui, di beberapa tempat memang terjadi penurun sedikit  hasil panen di akibat saluran irigasi yang tidak bagus, namun penurunan ini tidak begitu berpengaruh terhadap jumlah secara keseluruhan.

Sedangkan Koramil 14 Kotanopan, Kap. Inf. Takbir Dahilu, S. Pd yang dijumpai di areal persawahan mengakui kalau hasil panen di daerah ini cukup baik.

Kontributor : Lokot H. Lubis

Komentar Anda

komentar

Scroll To Top
Request Lagu
Loading...