Pasar Baru Panyabungan Akhirnya Tidak Layak Pakai Lagi

Panyabungan, StArtNews- Pasca Kebakaran Pusat Pasar Baru di Panyabungan, seluruh pedagang yang ada di Pasar tersebut tidak lagi diperbolehkan berjualan. Mereka akan direlokasi ke pertapakan rencana pembangunan terminal yang ada di Lintas Timur, Kelurahan Dalan Lidang, Kecamatan Panyabungan. Namun lahan relokasi siap ditempati, pedagang untuk sementara akan ditempatkan di belakang Pasar baru, tepatnya di pasar pagi Pasar Baru. Keputusan ini tertuang dalam notulen rapat tanggap darurat bencana kebakaran Pasar Baru.
Dalam agenda rapat yang dihadiri Wakil Bupati Mandailing Natal H. M. Jakfar Sukhairi, Kapolres, AKBP Irsan Sinuhaji, Ketua DPRD, Hj. Lely Hartaty, S.Ag, Sekda, Syafei Lubis, Kadis Perdagangan Musaddad Daulay, Asisten I, Kadis BPKAD, Kasat Pol PP Ahmad Duroni, Kepala BPBD, Kabid Pasar Khairul Akhyar Rangkuti. Merumuskan hasil rapat tersebut dengan merelokasi pedagang Pasar Baru.
Pemerintah juga mengimbau para pedagang keseluruhan yang ada di Pasar Baru agar mengosongkan kios atau ruko yang ditempatinya di Pasar tersebut.

Keluarnya surat tersebut membuat sejumlah pedagang mulai terbantu, namun pedagang meminta agar relokasi tersebut disegerakan agar mereka kembali bisa beraktifitas.

3 hari pasca kebakaran pasar terjadi, sejumlah pedagang kain nekat berjualan di trotoar pintu masuk pasar, ada juga yang mendirikan tenda di parkiran, pengakuan pedagang mereka nekat berjualan di sekitar pasar untuk memburu ketertinggalan hutang dagangan saat jelang lebaran lewat. Mereka terpkasa karena jatuh tempo hutang yang harus dibayar pada toke usai lebaran ini, sementara barang dagangan masih menumpuk dan bahkan sebagian sudah terbakar.
Dari sisi lain, pedagang mengaku kebingungan, utamanya bagi yang dagangannya habis terbakar karena jelas mereka tidak lagi memiliki modal yang banyak untuk kembali membuka dagangan, parahnya, tak satupun pedagang di pasar baru yang memiliki asuransi kebakaran, sehingga mereka terpkasa gigit jari karena tidak ada ganti rugi.

Sejauh ini belum ada kepastian dari Tim tanggap darurat kapan pasar sementara tersebut berfungsi, Wakil Bupati Mandailing Natal. M. Jakfar Sukhairi pada StArtNews mengatakan para pedagang di harap bersabar dan berkoordinasi dengan Pemerintah terkait hal-hal yang menyangkut pasar.”jangan percaya isu-isu negatif terkait pasar ini karena Tim akan bekerja maksimal agar seluruh pedagang yang ada di Pasar Baru yang korban maupun tidak diperlakukan sama”papar Sukhairi Nasution.
Namun dia memastikan, pasar sementara akan segera berfungsi, pihaknya masih berupaya meloby tambahan lokasi agar seluruh pedagang muat di lokasi sementara pasar yakni di belakang Pasar Baru sebelum nantinya keseluruhan akan ditelikasi.
Tim Redaksi StArtNews

Komentar Anda

komentar

Scroll To Top
Request Lagu
Loading...