Pasukan Kostrad Mulai Ditarik dari Lokasi Kebakaran Hutan di Riau

1MUSIK & INFORMASI PAGI – Setelah tiga pekan lamanya, akhirnya pasukan Kosrad yang di BKO-kan di Satgas Penanggulangan Kebakaran Lahan dan Hutan (Karhutla) berangsur ditarik ke markasnya. Pemprov Riau mengucapkan terima kasih kepada Panglima TNI dan Panglima Kostrad atas bantuannya.

Penarikan pasukan Kostrad ini sudah dimulai pada Rabu (25/11). Dan hari ini, kembali secara berangsur penarikan pasukan dari Riau untuk kembali ke Markas Kostrad. Pemulangan pasukan Kostrad ini melalui Pangkalan Udara (Lanud) Roesmin Nurjadin, Pekanbaru.

Komandan Satuan Setingkat Batalyon (SSY) I Zipur 9, Mayor (Czi) Sabar Panjaitan mengatakan, pihaknya mengucapkan  terimakasih kepada seluruh pihak yang telah membantu Satgas Karhutla.

Dia menjelaskan, bahwa kemarin sebanyak 200 pasukan Kostrad telah dipulangkan. Sedangkan hari ini ada 125 personel yang kembali dipulangkan dengan diangkut pesawat Hercules.

“Kami mohon maaf jika dalam bertugas ada hal-hal yang kurang berkenan,” kata Sabar Panjaitan.

Sementara itu, Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), Edwar Sanger mengucapkan terima kasih kepada Panglima TNI dan Pangkostrad atas kerjasamanya dalam penanggulangan kebakaran hutan dan lahan.

“Segala bantuan dari pihak TNI yang selama ini bertugas di wilayah Riau, kami ucapkan terima kasih,” kata Edwar.

Selain itu, lanjut Edwar, Pemprov Riau juga akan mencabut status siaga Karhutla pada 1 Desember 2015. Ini mengingat saat ini Riau sudah memasuki musim penghujan.

“Status Siaga Karhutla, rencananya akan dicabut awal bulan depan. Namun demikian kita tetap akan waspada pada musim kemarau yang sudah mulai pada awal tahun depan,” tutup Edwar.

Komentar Anda

komentar

Scroll To Top
Request Lagu
Loading...