PD IGRA Madina Gelar Manasik Haji

Pengurus Daerah Ikatan Guru Raudhatul Athfal (IGRA) Kab. Mandailing Natal menggelar manasik haji bagi siswa/i RA Sekabupaten Mandailing Natal

Panyabungan.StArtNewsPengurus Daerah Ikatan Guru Raudhatul Athfal (IGRA) Kab. Mandailing Natal menggelar manasik haji bagi siswa/i RA Sekabupaten Mandailing Natal yang bertempat di Lapangan Masjid Agung Nur Ala Nur Aek Godang Panyabungan Rabu, (22/3).

Ketua PD. IGRA Mandailing Natal Ruslan selaku Ketua Panitia melaporkan bahwa kegiatan peragaan manasik haji ini diikuti  16 Raudhatul Athfal (RA ) dengan jumlah siswa/i sebanyak 397 orang.

Peragaan Manasik Haji bagi siswa/i RA bertujuan agar para anak didik mengetahui hal-hal yang dilakukan pada pelaksanaan ibadah haji, seperti niat, Wukuf di Arafah, Sa’i, Thawaf, Melempar Jumroh dan menggunting rambut dengan penjelasan yang mudah dipahami  peserta.

Dikatakannya, dalam peragaan Manasik Haji RA ini, walaupun tidak semua rukun, wajib dan sunat haji diperagakan, tetapi panitia berusaha semaksimal mungkin memperagakan dengan kondisi sesungguhnya saat pelaksanaan ibadah haji di Tanah Suci, terutama masalah pakaian, yaitu tata cara memakai pakaian ihrom, baik bagi laki-laki maupun perempuan.

Sedangkan Kepala Kantor Kementerian Agama Kab. Mandailing Natal Drs. Muksin Batubara, M.Pd  melalaui  Kasi PHU, Ikhwan Siddiqi  mengatakan,  kegiatan ini menyampaikan bahwa banyak manfaat yang dapat kita ambil dari peragaan manasik haji yang diikuti oleh siswa/i RA ini, diantaranya memberikan penanaman nilai-nilai ajaran agama sejak dini kepada anak.

Kemudian, anak mengetahui makna dari setiap prosesi peragaan manasik haji sehingga diharapkan dapat tercermin pada prilaku dan perbuatannya dalam kehidupan sehari hari. Manfaat lain upaya meningkatkan kualitas pendidikan. Pendidikan yang tidak hanya dalam teori saja tapi juga harus dipraktekkan sehingga anak didik lebih mudah mengetahui dan memahami ajaran agama tersebut.

Pada kesempatan ini juga Ikhwan Siddiqi menyampaikan ucapan terima kasih yang setinggi-tingginya kepada Pengurus Daerah  Ikatan Guru Raudhatul Athfal (IGRA) Kabupaten Mandailing Natal yang telah mensponsori pelaksanaan peragaan Manasik Haji sejak tahun 2014 sampai 2017 ini dan tetap mengagendakan kegiatan ini setiap tahunnya.

Kemudian, kepada Pengurus IPHI Kabupaten Mandailing Natal, Ahmad Zainul Khobir dan Armen Rahmad Hasibuan diharapkan  berkenan meluangkan waktunya untuk membimbing siswa/i RA ini dalam pelaksanaan peragaan manasik haji ini.

Reporter : Lokot Husda

Editor : Hanapi Lubis

Komentar Anda

komentar

Scroll To Top
Request Lagu
Loading...