Pejabat Keuangan AS Tuduh Presiden Putin Korupsi

6MUSIK & INFORMASI SIANG – seorang pejabat keuangan senior Amerika Serikat menuding Presiden Rusia Vladimir Putin korupsi. Praktik korupsi Putin ini telah diketahui pemerintah AS selama bertahun-tahun.

Pada tahun 2014 lalu, otoritas AS memberlakukan sanksi terhadap sejumlah pejabat Kremlin setelah Rusia mencaplok Crimea dari Ukraina. Namun saat itu, otoritas AS tidak secara langsung menuding Putin terlibat korupsi.

Dalam program televisi khusus intelijen BBC, Panorama, yang menyelidiki kekayaan rahasia Putin, Adam Szubin yang menjabat sebagai Pelaksana Tugas Wakil Menteri Urusan Intelijen Keuangan dan Terorisme pada Departemen Keuangan AS menyebut Putin sebagai gambaran korupsi.

“Kami telah melihat dia memperkaya teman-temannya, sekutu terdekatnya, dan meminggirkan orang-orang yang tidak dia pandang sebagai temannya, dengan menggunakan aset negara,” ucap Szubin yang mengawasi sanksi dari Departemen Keuangan AS, kepada BBC, Selasa (26/1/2016).

“Apakah kekayaan energi Rusia, apakah kontrak negara lainnya, dia mengarahkan orang-orang yang diyakininya akan melayaninya dan menyingkirkan orang-orang yang tidak. Bagi saya, ini sebuah gambaran korupsi,” imbuhnya.

Menurut Szubin, pemerintah AS telah mengetahui hal ini bertahun-tahun. Program televisi BBC itu mengutip laporan rahasia CIA dari tahun 2007 yang menyebut kekayaan Putin mencapai US$ 40 miliar atau setara Rp 556 triliun.

“Dia (Putin-red) seharusnya mendapat gaji dari negara sekitar US$ 110 ribu per tahun (Rp 1,5 miliar). Itu bukan jumlah yang benar untuk kekayaannya, dan dia sudah sejak lama berlatih untuk menutupi kekayaan sebenarnya,” sebut Szubin.

Kepada BBC, juru bicara Putin enggan berkomentar banyak. “Tidak ada satupun pertanyaan atau isu yang perlu dijawab, karena itu murni rekaan,” ucapnya.

Menurut daftar kekayaan yang dirilis situs resmi Kremlin tahun 2014, Putin disebut mendapat gaji sekitar 3,7 juta ruble (Rp 638 juta) dan memiliki tiga mobil buatan Rusia, apartemen seluas 77 meter persegi yang dilengkapi garasi dan sebidang tanah. Jumlah kekayaan Putin ini jauh di bawah pejabat-pejabat Kremlin lainnya dan juga jauh di bawah kebanyakan menteri di Rusia, yang banyak memamerkan kendaraan mewah dan berbagai rumah di negara-negara Eropa.

Sumber : DetikNwes.com

Komentar Anda

komentar

Scroll To Top
Request Lagu
Loading...