Pekan Depan DPR Mulai Proses Seleksi Capim KPK

MUSIK & INFORMASI SIANG

10 Orang capim KPK hingga kini belum diuji oleh DPR, padahal nama-nama terpilih sudah harus ada sebelum Desember 2015. Setelah reses diharapkan 10 capim KPK tersebut bisa diuji oleh DPR.

“Kita masih masa reses. Mudah-mudahan setelah reses ya,” kata anggota Komisi III Dwi Ria Latifah saat dihubungi detikcom, Rabu (11/11/2015).

Politisi PDIP itu mengatakan, saat memasuki masa sidang pasca reses seleksi capim tersebut mulai diproses. Para anggota DPR memulai masa reses pada 31 Oktober 2015 dan kembali bersidang pada 23 November.

“Masuk masa sidang sekitar tanggal 16 November,” lanjutnya.

Sebelumnya, Panitia Seleksi Calon Pimpinan KPK telah menyerahkan 8 nama usulan ke Presiden dan diteruskan ke DPR. Tetapi hingga kini DPR belum melakukan uji kelayakan dan kepatutan atas nama-nama capim KPK itu. 2 Nama lainnya yakni Busyro Muqoddas dan Robby Arya Brata sudah diserahkan lebih dahulu dan akan ikut tes berbarengan dengan delapan calon.

“Ada banyak keberhasilan yang sudah dicapai KPK selama perioda 12 tahun sejak berdirinya, ada banyak pula pelajaran yang telah dipetik. Mestinya kita lanjutkan momentum ini dengan DPR segera melakukan fit & proper test terhadap 8 nama Calon Pimpinan KPK yang telah diserahkan oleh Presiden sejak tanggal 3 September 2015 yang lalu,” kata Jubir Pansel KPK Betty Alisjahbana lewat keterangan tertulis yang diterima detikcom, Kamis (8/10/2015).

Selain Busyro dan Robby, 6 nama Capim KPK yang menunggu jadwal fit and proper test oleh Komisi III DPR yakni, Saut Situmorang, Surya Tjandra, Alexander Marwata, Basaria Panjaitan, Agus Raharjo, Sujanarko, Johan Budi SP dan Laode M Syarif.

Komentar Anda

komentar

Scroll To Top
Request Lagu
Loading...