Peletakan Batu Pertama Pembangunan STAIN Madina di Tor Siojo

Kotanopan, StArtNews- Menteri Bidang Perekonomian Republik Indonesia,  Dr.  H.  Darmin Nasution,  SE  Jum’at Sore (11/5) melaksanakan peletakan batu pertama pembangunan Kampus STAIN Mandailing Natal di Tor Siojo Kec. Kotanopan Kab. Mandailing Natal.

Hadir dalam acara tersebut Bupati Mandailing Natal Drs. H. Dahlan Hasan Nasution, anggota DPRD Sumut Burhanuddin Siregar, Ketua STAIN Madina, Dr. H. Torkis Lubis,  Lc  Ketua Yayasan Pendidikan  Madina,  Komjen Purn.  H.  Saud Usman Nasution, anggota DPRD Madina, M. Rahim Nasution dan Erwin Nasution, SH tokoh masyarakat Madina H. Aswin Parinduri dan Khoiruddin Nasution, pimpinan SKPD, Muspika Kotanopan, tokoh masyarakat,  Kepala Sekolah dan pelajar di Kotanopan.

Darmin Nasution dalam sambutannya menyampaikan, selama ini yang paling mahal dan paling sulit di Kotanopan adalah tanah. Namun ternyata orang Kotanopan mampu menghibahkan tanahnya untuk pendirian kampus dan pembukaan jalan. Program ini sudah seharus didukung semua pihak, termasuk Pemerintah pusat.

Ditambahkannya, tatanan suatu masyarakat ditentukan manusianya. Boleh tidak ada SDA  dalam jumlah yang banyak, tapi kalau SDM nya bagus, daerah itu tidak akan pernah kecewa. Hari ini saya harus meyakini bahwa orang Kotanopan lebih berani ikhlas untuk mencapai tujuan yang lebih besar.

Sedangkan Bupati Madina, Drs. Dahlan Hasan Nasution dalam sambutannya menyampaikan, dirinya yakin di tangan Ketua STAIN saat ini, perkembangan STAIN akan lebih cepat kedepan. Sebab beliau ini kita jemput langsung dari Malang. STAIN Malang itu langsung menjadi UIN, seperti itu yang kita harapkan berlaku di STAIN Madina. Saat ini pihaknya sedang berburu mempersiapkan prodi dan ruang kelas baru.

Ditambakan Bupati, saat ini donatur sudah bersedia membantu Rp.20 Miliar dalam bentuk bangunan, begitu juga bangunan Masjid akan dibangun Dirut PT. PLN Jakarta. Begitupun,  Bupati tetap bermohon agar Menteri Perekonomian berkenan membantu atau melobi sumber pendanaan lainnya agar Kampus ini cepat tuntas. Bupati juga berharap, dalam penerimaan mahasiswa baru tahun 2019, kampus di Tor Siojo ini sudah berdiri.

Selain itu, lanjut Bupati, pihaknya juga sudah membuat jalan sepanjang 10 Km dengan luas 14 meter di Kotanopan. “Saya mempersiapkan jalan di Kotanopan untuk puluhan tahun ke depan. 8 dari 10 Km jalan lingkar Kotanopan, insya Allah dibangun dengan hotmix tahun ini. Sedangkan 2 Km jalan ke Kampus STAIN Madina di Tor Siojo akan diupayakan ditampung dalam APBD Madina” ucap Bupati.

Usai peletakan batu pertama, Darmin Nasution didampingi tokoh masyarakat menandatangani prasasti peletakan batu pertama pembangunan STAIN Madina di Tor Siojo Kec.  Kotanopan.

Reporter : Lokot Husda

Editor: Hanapi Lubis

Komentar Anda

komentar

Scroll To Top
Request Lagu
Loading...