Pembangunan Bandara Mandailing Natal Sudah Masuk Agenda Kemenhub

pembangunan-bandara-mandailing-natal-sudah-masuk-agenda-kemenhubPanyabungan.StArtNews-Pembangunan Banda Udara Mandailing Natal yang terletak di Kecamatan Bukit Malintang sudah masuk pada agenda Kementerian perhubungan Republik Indonesia, ha ini dikatakan pelaksana Tugas Kepala Dinas Perhubungan Mandailing Natal marwan Bakti Siregar pada StArtNews.

Marwan mengatakan bahwa tahun ini, pemerintah Provinsi Sumatera Utara telah menyerahkan hibah lahan yang berada di titik lokasi rencana Pembangunan bandara sebanyak 24,87 Hektar.

selain lahan milik Pemprovsu, tahun 2017 mendatang ini jelas Marwan Bakti Siregar, pihaknya juga akan membebaskan lahan milik masyarakat, untuk tahap awal yang sudah dijejaki ada sekitar 30 hektar lahan milik masyarakat Malintang yang berada di sekitar lokasi pembangunan bandara. Pihaknya sejauh ini masih melakukan sosialisasi pada masyarakat pemilik lahan. Selain masyarakat Malintang ada juga pemilik lahan Masyarakat Panyabungan Utara.

Untuk tahun  2017 sesuai rencana, pemerintah akan mengalokasikan Anggaran senilai 17 miliar dari Anggaran dari APBD Mandailing Natal. Anggaran ini akan dimanfaatkan untuk pembebasan lahan dan biaya administrasi peninjauan lapangan dan biaya konsultan, jelas kepala Dinas Perhubungan Mandailing Natal.

Sejauh ini, perencanaan pembangunan baru tahap perencanaan, pelaksanaan pembangunan baru di awal tahun 2018. Di Kemenhub sendiri papar Marwan Bakti Siregar sesuai dengan pembicaraan dengan Pihak Kementerian Perhubungan, di tahun 2018 akan di plot Anggaran senilai 1 triliun sumber dana APBN untuk Pembangunan Bandara Bukit Malintang tersebut.

sesuai data yang diperoleh StArtNews bahwa kebutuhan lahan untuk pembangunan bandara Bukit Malintang mandailing Natal ini sekita 104 hektar, artinya pemerintah Daerah masih harus membebaskan lahan sekitar hampir 70 hektar lagi milik Masyarakat.

Sementara dari Kajian pihak Dinas perhubungan dengan Konsultan, rencananya  jenis peswat yang bisa mendarat di Bandara Bukit Malintang ini pesawat jenis  ATR dan Bobardir bahkan luas areal bandara ini juga bisa mendaratkan pesawat jenis Boing 737.

Reporter : Hanapi Lubis

Editor : Hanapi Lubis

Komentar Anda

komentar

Scroll To Top
Request Lagu
Loading...