Pembukaan Jalan Lingkar dan Terobosan Baru Pengembangan Kotanopan

Kotanopan.StArtNews- Dua minggu terakhir,  Pemerintah Kab. Mandailing Natal melalui Bupati Drs. Dahlan Hasan Nasution sedang giat-giatnya membuka kembali jalur lingkar Barat Kotanopan yang selama ini sudah  menjadi “ lahan tidur”. Tidak tanggung-tanggung, untuk menuntaskan pekerjaan ini, Bupati  rela mengawasinya siang dan malam bersama beberapa pimpinan SKPD.

Apa yang dilaksanakan Bupati Madina ini tentunya mendapat respon positif dari masyarakat Kotanopan. Walaupun mereka menilai terlambat, namun dari pada tidak sama sekali jalur ini memang harus dibuka dan dibangun kembali untuk  pengembangan Kotanopan kedepan. Kawasan Pasar Kotanopan saat ini di anggap  tidak bisa lagi menampung pengembangan Kota.

Selama ini, jalur ini sudah puluhan tahun dibuka.  Namun  karena pembangunannya jarang ditindaklanjuti, badan jalan menjadi  abrasi, semak belukar dan di beberapa tempat menjadi kebun warga.  Pembukaan ini tentunya butuh kerja keras. Sebab agar bisa dilalui kenderaan  nantinya perlu lagi perluasan dan penurunan badan jalan. Apalagi jalur ini direncanakan akan dilewati mobil bus dan truk yang bertonase tinggi.

Sebenarnya,  desakan untuk pembukaan kembali jalur ini memang sudah sering disampaikan tokoh-tokoh masyarakat Kotanopan baik melalui Media massa maupun kepada anggota DPRD Madina. Selama ini mereka sudah hampir  apatis, sebab Kotanopan sebagai Kecamatan Induk seharus punya  infrastruktur lebih dari Kecamatan yang baru. Namun selama ini justru yang terjadi  pembangunan Kotanopan sepertinya  jalan di tempat.  Kantor Camat masih numpang, pembangunan fasilitas lainnya masih  minim, pertapakan untuk pembangunan infrastruktur sangat sulit di dapatkan.

Wawancara StArtNews dengan Bupati Madina, Minggu (13/8) mengatakan, pembukaan kembali jalur ini  tentunya untuk pengembangan Kotanopan kedepan.

“Pembukaan jalan lingkar ini diharapkan dapat menumbuhkan perekonomian masyarakat dan dapat menjadi jalur transportasi alternatif akibat semakin macetnya lalu lintas di pusat Pasar Kotanopan terutama pada hari pekan dan  hari – hari besar.  Disamping itu,  menjadi kawasan pemukiman baru yang menjadi solusi semakin padatnya perumahan penduduk dan direncanakan juga akan menjadi kawasan pendidikan”, ujar Bupati.

Dikatakannya, selain pembukaan kembali  target pengerjaan jalan ini sampai kepada pengerasan. Jadi jalan sepanjang 8 Km ini  dalam waktu dekat akan di upayakan di aspal kasar. Untuk itu, kita berharap ada dukungan dari tokoh masyarakat agar pekerjaan ini nanti tuntas.

Rahmad Risky Daulay, anggota DPRD Madina yang dihubungi  menyampaikan apresiasi dan dukungan penuh kepada Bupati Madina yang memimpin langsung pekerjaan pembukaan jalur lingkar tersebut.  Pembukaan jalur lingkar Kotanopan itu sudah cukup lama didambakan masyarakat Kotanopan, karena apabila akses jalan lingkar itu sudah bisa dilalui  diyakini bisa menumbuhkan perekonomian masyarakat.

Pantauan di lapangan, pembukaan jalur ini sudah sampai ke Jalan Pagar Gunung di desa Sayurmaincat Kotanopan.  Dalam satu minggu terakhir, sudah hampir 5 Km jalan  berhasil di buka kembali. Alat berat yang di siapkan Pemkab Madina terus bekerja membuka jalan selebar 12 meter. Pembukaan ini rencananya akan terus di anjutkan  di daerah Sawahan Sindang Laya Pasar Kotanopan dan terus   samai ke desa Muara Soro.

Reporter : Lokot Husda Lubis

Editor : Hanapi Lubis

Komentar Anda

komentar

Scroll To Top
Request Lagu
Loading...