Pembukaan Jalur Madina Palas Kado Terindah Bagi Masyarakat Pagur

Petani Kopi Arabika Mandailing Pagur berjuang melewati rencana jalan Madina Palas.

Panyabungan.StArtNews- Adanya rencana pembukaan jalan Madina – Palas, merupakan kado terindah disaat HUT RI ke 72 bagi masyarakat Desa Pagur kecamatan Panyabungan Timur Kabupaten Mandailing Natal.

Sebab jalan ini puluhan tahun menjadi dambaan masyarakat utamanya para petani kopi Arabika Mandailing yang akan melintasi lahan perkebunan mereka.

“Disaat peringatan hari kemerdekaan RI pemerintah menampung anggaran Rp.15 Miliar dari Desa Pagur sampai Hapung (Palas) untuk pembangunan jalur ini. Inilah yang selalu menjadi dambaan kami,” ujar Mahpus Budiawan Nasution tokoh pemuda sekaligus pelaku usaha Kopi Arabika Mandailing pagur kepada wartawan , Jumat  (18/8).

Hamman Nasution seorang petani Kopi Arabika Mandailing mengatakan selama ini mereka harus berjuang melintasi jalan setapak untuk mencapai lokasi perkebunan kopi sekitar 1.200 diatas permukaan laut.

Katanya, kondisi medan jalan tanjakan, turunan, tebing petani harus ekstra hati-hati dengan kenderaan roda dua. “Kita sering terjatuh dari kenderaan, akibat jalan tanah apalagi musim hujan, ” ungkapnya.

“Makanya setelah kita dengar adanya pembukaan jalan, merupakan berkah, karena akan memudahkan kita menuju lahan perkebunan. Tidak perlu lagi satu pekan menginap disana seperti yang kita alami selama ini. Saya yakin jika jalan sudah lebar petani bisa pulang pergi tiap hari, ” katanya.

Reporter : Z Ray

Editor : Hanapi Lubis

Komentar Anda

komentar

Scroll To Top
Request Lagu
Loading...