Pemerhati Lingkungan Hidup, Sayangkan Tindakan Pemerintah Mengatasi Sampah

Panyabungan,StArtNews- Keberadaan sampah menumpuk dan berserakan sudah sering di depan mata, salahsatu contohnya seperti di Jalan Lintas Timur, tepatnya di Kelurahan Panyabungan 2 Banjar Sehat Kecamatan Panyabungan Kota Kabupaten Mandailing Natal. Nampaknya sudah berubah fungsi menjadi tempat pembuangan sampah, bahkan tak jarang setengah badan jalan Provinsi ini kerap ditumpuki sampah.

Sampah-sampah ini sendiri berasal dari sampah masyarakat sekitar dan bahkan dari luar daerah pun kerap buang sampah di lokasi tersebut, kondisi ini terjadi akibat tidak adanya perhatian serius Pemerintah terhadap kondisi kebersihan, ditambah tidak adanya lokasi pembuangan sampah yang strategis.

Banyaknya tumpukan sampah dan bau busuk membuat warga di sekitar lokasi pembuangan sampah mengeluh, setiap hari mereka terpaksa menghirup bau tak sedap  dari  lokasi pembuangan sampah tersebut.

Rahmat alias Marco warga sekitar mengakui, keberatan dengan adanya pembuangan sampah yang berdekatan dengan pemukiman penduduk, pasalnya, bau menyengat setiap hari akan berpengaruh pada faktor kesehatan warga dan terlebih untuk anak-anak.

Pemerintah harusnya kata Marco punya lokasi pembuangan sampah yang strategis, sehingga tidak mengganggu masyarakat dan keiandahan Kota Panyabungan,”katanya.

Sementara Pemerhati Lingkungan Hidup Hasmar Lubis mengatakan,” sangat menyayangkan sikap Pemerintah dengan tidak pedulinya mengatasi pembuangan sampah yang kerap di lakukan oleh warga di tepi jalan dan nampak terlihat sepanjang Jalan Lintas Timur Panyabungan sudah berubah fungsi menjadi tempat pembuangan sampah dalam kurun waktu beberapa tahun ini,”katanya.

Mesti petugas kebersihan di hari kerja setiap pagi memungut sampah yang ada di tepi jalan dan membawa ke Tempat Penampunagan Sampah (TPH), Namun tindakan  seperti itu tidak sesuai dengan harapan.

Pemerintah seharusnya mengadakan tempat bak sampah di setiap pinggir jalan, agar sampah-sampah dari masyarakat tidak berserakan sampai ke bahu jalan, dan pemerintah harus lebih serius memperhatikan tempat pembuangan sampah yang strategis agar Bumi Gordang Sembilan menuju Madina yang Madani, untuk dilogokan Bupati Madina Drs.H.Dahlan Hasan Nasution sesuai dengan harapan kita bersama masyarakat Madina.”pungkasnya.

ReporterHasmar Lubis

Editor : Hanapi Lubis

Komentar Anda

komentar

Scroll To Top
Request Lagu
Loading...