Pemko Didesak Bikin Dana Talangan untuk Petani

START NEWS – Untuk mengantisipasi terjadinya penurunan harga secara drastis (ketidakstabilan harga, red), Pemko Padangsidimpuan dan DPRD diminta untuk membuat dana talangan bagi petani. Hal itu bertujuan untuk terus mendukung hasil pertanian daerah.

“Ya, harusnya ada dana talangan untuk petani. Misalnya, jika harga tomat menurun drastis, maka pemerintah bersedia memberikan dana talangan agar harga yang diberikan kepada petani tetap stabil . Itu bertujuan untuk mempertahankan hasil tani daerah, dan petani tetap bisa bertahan sekalipun kondisi harga turun,” ujar salah seorang Aktivis Unggul Fahmi Hasibuan.

Unggul menjelaskan, petani sangat membutuhkan dana talangan, khususnya pada saat kondisi harga sedang mengalami penurunan drastis. Akibat penurunan harga itu petani terpaksa beralih atau mengalihkan ke tanaman lain. Sehingga petani itu tidak bisa bertahan, akibat kondisi harga.

10062016-009-tomat

“Salah satu contoh petani tomat tadi, jika harga turun, tentu petani tomat itu akan beralih ke petani sawah atau cabai. Supaya kebutuhannya tetap terpenuhi, dan tidak terganggu, itulah manfaat dari dana talangan tersebut,” pungkasnya.

Dengan demikian, katanya, pemerintah harus membuat dana talangan untuk petani yang bertujuan untuk mempertahankan hasil tani daerah.  “Harapan kita petani tetap bisa mencukupi kebutuhannya. Walaupun kondisi harga tidak selalu stabil, dan membuat petani  mengeluh,” harapnya.

Sependapat dengan Harizon Saputra Siregar SH, petani di daerah ini harus diperhatikan, apalagi keseriusan dan kesungguhan dari petani sangat kuat. Makanya pemerintah harus terus memberikan dukungan agar petani tetap dapat menghasilkan produksi tani yang baik dan berkualitas, sekalipun kondisi harga menurun.

“Betul, itu sangat bagus untuk melestarikan petani kita. Artinya disini pemerintah turut mendukung kegiatan pertanian, walaupun kondisi harga tidak pernah stabil dan mengganggu aktivitas petani. Makanya dengan dana talangan itulah bisa membuat petani tetap bertahan, jika terjadi penurunan harga,” pungkasnya.

Sumber : Metro Tabagsel

                                                                                                                                                                                 Admin Website : Musly Joss Start

 

 

Komentar Anda

komentar

Scroll To Top
Request Lagu
Loading...