Penetapan Bacaleg PKB Mandailing Natal Sesuai dengan Mekanisme Partai

Panyabungan, StArtNews- Pasca pendaftaran bacaleg dari Partai Kebangkitan Bangsa atau PKB Kabupaten Mandailing Natal, Ketua LPP PKB Mandailing Natal Edy Anwar, SH pada Reporter StArtNews mengatakan, penetapan 36 bacaleg yang telah didaftarkan ke KPU Mandailing Natal pada 17/07 lewat sudah sesuai dengan ketentuan dan aturan Partai.

Sesuai dengan aturan Partai kata Edy Anwar, bahwa pada bulan Mei 2018 lewat, PKB Mandailing Natal telah membuka peluang bagi Kader dan Anggota DPRD dari PKB untuk mengambil formulir pendaftaran bacaleg atau rekrutmen bacaleg dini, kemudian PKB juga telah membuka peluang bagi warga tokoh agama, masyarakat adat, dan kaum profesional untuk ikut serta mendaftarkan diri jadi Bacaleg yang dimulai 07 Agustus sampai  berakhir pada tanggal 30 September 2018.

Selanjutnya, seluruh bacaleg yang telah mendaftarkan diri ke LPP PKB Madina dilakukan fit and properties yang dilaksanakan tanggal 11 Juli 2018 oleh LPP DPC PKB dan sekaligus menyerahkan hasilnya kepada tim Mantap DPC PKB Mandailing Natal untuk ditetapkan sebagai Bakal Calon Legislatif yang akan didaftarkan ke KPU Mandailing Natal.

Seterusnya kata Edy Anwar Ketua LPP DPC PKB Mandailing Natal, pada tanggal 15 Juli 2018  tim Mantap PKB menetapkan secara resmi Bacaleg PKB hasil Fit and Properties sebanyak 36 orang termasuk diantaranya 2 orang Anggota DPRD Mandailing Natal Hj. Melati dan Zubeir Lubis.

Sementara itu tiga anggota DPRD Mandailing Natal dari PKB yakni M. Yasir dan M. Ludfan serta Hj. Riadoh dinyatakan tidak ikut serta bacaleg karena dalam proses penjaringan sampai pada proses penetapan, serta penandatanganan pakta integritas bacaleg, ketiganya  tidak pernah mendaftarkan diri atau mengembalikan formulir penjaringan bacaleg ke PKB Mandailing Natal sehingga LPP menganggap bahwa ketiganya tidak berniat untuk menjadi bacaleg.

Jadi kata Edy Anwar, PKB tetap mengedepankan kader untuk menjadi bacaleg, terutama mereka yang duduk di kursi legislatif, namun karena memang mereka tidak ikut serta, kita dari LPP DPC PKB Mandailing Natal hanya melakukan proses penjaringan pada bacaleg yang telah mendaftarkan diri dan menandatangani pakta integritas.

Reporter : Hasmar Lubis

Editor : Hanapi Lubis

Komentar Anda

komentar

Scroll To Top
Request Lagu
Loading...