Pengairan Tak Berfungsi, Puluhan Hektar Lahan Sawah di Runding Mengering

Panyabungan Barat, StArtNews Petani di Desa Runding, Kecamatan Panyabungan Barat, Kabupaten Mandailing Natal, Sumatera Utara sudah dua kali musim tanam tidak lagi bisa bertani, pasalnya jaringan irigasi persawahan desa tersebut tidak lagi berfungsi mengairi areal persawahan, meski debit air proyek pengairan ada, namun tak mampu mengairi sekitar 50 hektar areal persawahan di desa itu.

Tidak berfungsinya jaringan irigasi batang gadis yang diharapkan mengairi areal persawahan petani desa Runding ini sendiri terjadi karena debit air di hulu Sungai Batang Gadis tidak mampu masuk ke jaringan irigasi Batang Gadis yang menjadi pusat sentral pengairan sawah di wilayah Panyabungan barat. Kondisi ini sudah dilaporkan warga pada pihak perwakilan Balai Pengairan batang Gadis di mandailing Natal,  namun tak pernah diindahkan.

Untuk terus menjalankan usaha, petani desa itu pun terpaksa mengalihkan lahan pertaniannya dari sawah menjadi tanaman Holtikultura, itupun bagi warga yang memiliki modal, bagi warga yang tidak punya modal terpaksa membiarkan lahan persawahannya ditumbuhi ilalang.

Azwar Pulungan salah seorang Pemerhati Tani yang juga memiliki lahan pertanian di wilayah ini pada StArtNews Rabu 07/02 mengakui bahwa seharusnya Perwakilan Balai Pengairan Sungai Batang Gadis yang ada di Mandailing Natal jangan tutup mata terhadap kondisi ini, karena jelas mata pencaharian warga Desa Runding rata-rata petani, ketika kondisi ini tidak segera pulih, dikhawatirkan akan berdampak pada ketahanan pangan daerah, karena daerah Panyabungan Barat termasuk Desa Runding adalah salah satu desa penyangga beras untuk wilayah Kecamatan Panyabungan Barat.

 

Azwar pulungan, pengusaha Sigantang Agro ini berharap pada Anggota DPRD Mandailing Natal Dapil Pemilihan Kota selaku penyampai aspirasi masyarakat, untuk turut membantu Petani Desa Runding menyampaikan kondisi Petani wilayah ini pada pihak balai Pengairan, bila perlu Pihak DPRD berhak memanggil pihak Balai terkait hal tersebut.

 

Azwar Pulungan juga berharap agar PPL setempat segera berkordinasi dengan Dinas Pertanian Kabupaten Mandailing Natal, menginat musim tanam sudah mulai lagi karena jelas, apabila petani wilayah desa Runding memulai musim tanam pada bulan ini, maka petani akan memanen hasil sebelum masuk bulan puasa nanti.

Reporter : Hanapi Lubis

Editor : Hanapi Lubis

Komentar Anda

komentar

Scroll To Top
Request Lagu
Loading...