Pengguna Jalan Mengeluh, Jalan Negara Berlobang

Panyabungan, StArtNews- Banyaknya lobang mengangah di Jalan Lintas Sumatera tepatnya di Kabupaten Mandailing Natal membuat pengguna jalan mengeluh, pasalanya lobang ditengah jalan kerap mengakibatkan kecelakanan bahkan kerusakan pada kenderaan. Pantauan StArtNews, di Kelurahan Kayu Jati, sebuah lobang mengaga di tengah jalan tak kunjung diperbaiki. Kondisi tersebut bahkan kerap mengakibatkan kecelakaan pengguna jalan akibat terjebak lobang padahal jalan ini merupakan jalur tengah Lintas Sumatera yang dilalui kenderaan yang hendak dari medan menuju padang dan sebaliknya.

Tidak hanya di Kayu jati saja, sejumlah titik lainnya seperti di wilayah Aek Godang Panyabungan, kondisi jalan negera tersebut juga sangat memperihatinkan. Rata-rata kedalaman lobang mencapai  10 sampai 30 cm.

Darmin salah satu warga sekitar mengatakan Pada Rabu (29/03) sebelumya akses jalan ini sendiri sudah pernah diperbaiki meski dengan ditambal, namun akibat sering tergenang air di waktu hujan ditambah truk yang melintas rata-rata melebihi tonase beban jalan membuat jalan kembali rusak.

LSM Garda Inti Mandailing Natal Ahmad Sabar pada StArtNews mengatakan, rusaknya jalan negara di wilayah Mandailing Natal membuktikan kurangnya perhatian pemerintah pusat pada Sumatera Utara. Karena jelas kondisi kerusakan jalan negara tidak hanya terjadi di Kabupaten Mandailing Natal saja.

Namun kata Ahmad Sabar, Mandailing Natal adalah daerah perbatasan Sumatera Utara dengan Sumatera Barat, setidaknya Pemerintah Provinsi Sumatera Utara jangan kalah dengan infrastruktur jalan Pemerintah Provinsi Sumatera Barat. Ketika pengguna jalan dari arah Sumatera Barat menuju Sumatera Utara, pasti yang menjadi pembahasan pengguna jalan atau penumpang persoalan jalan, karena kualitas jalan Provinsi Sumbar dengan Pemprovsu sangat jauh berbeda.

Untuk itu, Ahmad Sabar berharap agar Pemda Mandailing Natal harus terus berupaya memberikan usulan dan laporan-laporan pada pemerintah pusat terkait kondisi Jalan Negara tersebut, Pemprovsu juga harus punya niat untuk membantu kondisi ini, sehingga pengguna jalan negara ini bisa nyaman berkendara apalagi tidak lama lagi jelang Hari Raya Idul Fitri yang otomatis Jalan Tengah Lintas Sumatera menjadi jalan Pemudik.

Reporter : Hasmar Lubis

Editor : Hanapi Lubis 

Komentar Anda

komentar

Scroll To Top
Request Lagu
Loading...